INTENSITAS DRAMA KOREA TWINKLING WATERMELON TERHADAP MINAT PENONTON PADA AKUN TWITTER @KDRAMA_MENFESS

  • Shifa Ardindah Ilmu Komunikasi, STIKOM InterStudi
  • Susi Andrini Ilmu Komunikasi, STIKOM InterStudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar intensitas drama Korea Twinkling Watermelon terhadap minat penonton pada akun twitter @kdrama_menfess. Metodologi yang dipakai pada penelitian ini kuantitatif eksplanatif. Rumus Slovin digunakan untuk mendapatkan 100 orang responden dalam penyebaran kuesioner/angket  dengan google form yang diambil dari followers akun twitter @kdrama_menfess dengan  populasi sejumlah  1.056.727 orang, pertanggal 28 April 2024. Penelitian ini menggunakan teori Stimulus-Organisme-Response (SOR) dari Hovland. Skala pengukuran dengan menggunakan  skala likert dan analisis datanya memakai SPSS 26. Pada akhir penelitian terdapat hasil bahwa intensitas drama Korea berpengaruh sangat kuat secara signifikan terhadap minat penonton. Hal tersebut dapat dilihat dari t hitung yang lebih besar dari t tabel yang juga diperkuat dari adanya nilai dari koefisien korelasi yang bisa dikelompokan yang memiliki nilai “sangat” signifikan. Semakin tinggi intensitas drama Korea maka semakin tinggi juga terhadap minat penonton.

References

Alkatiri, A. Bi. M., Nadiah, Z., & Nasution, A. N. S. (2020). Opini Publik Terhadap Penerapan New Normal Di Media Sosial Twitter. Coverage: Journal Of Strategic Communication, 11(1), 19–26. Https://Doi.Org/10.35814/Coverage.V11i1.1728
Amara, D., & Putri, I. P. (2020). Pengaruh Context, Communication, Collaboration, Connection Pada Akun Twitter @Jokoanwar Terhadap Minat Menonton Film Gundala. E-Proceeding Of Management, 7(2), 7302–7314.
Ardia, V. (2014). Drama Korea Dan Budaya Popular. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 12–18. Https://E-Jurnal.Lppmunsera.Org/Index.Php/Lontar/Article/View/337
Astuti, E., & Andrini, S. (2021). Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Imitasi Remaja. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 134–142.
El-Yana, K. (2021). Dijajah Korea. Indigo Media.
Fadillah, D. I. N., Abidin, Z., & Utamidewi, W. (2022). Pengaruh Menonton Tayangan Drama Korea Terhadap Minat Penggunaan Bahasa Korea. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(10), 3680–3689.
Firdaus, A. B., Nurhuda, S. P., & Wahyunengsih. (2022). The Relationship Between The Intensity Of Watching Korean Dramas With The Attitude Of Academic Procrastination. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(1), 1–8.
Fortunata, F., & Utami, L. S. S. (2021). The Effect Of Addiction Of Watching Korean Drama Series On Imitation Behavior Of Adolescents. Proceedings Of The International Conference On Economics, Business, Social, And Humanities (Icebsh 2021), 570. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.210805.138
Goodstats. (2023, February 3). Drama Korea Masih Jadi Favorit Masyarakat Indonesia Dalam Streaming Film Dan Serial Di Tahun 2022. Goodstats.
Hartono, M., & Fauzi, R. (2019). Hubungan Antara Kampanye Dengan Sikap Remaja. Inter Script: Journal Of Creative Communication, 1(1), 34–47. Https://Doi.Org/10.33376/Is.V1i1.348
Huat, C. B. (2010). Korean Pop Culture. Jurnal Pengajian Media Malaysia, 12(1), 15–24.
Kartika, Z. U. (2023, November 13). Drakor Twinkling Watermelon Tamat Minggu Ini Dan Menempati Rangking 1 Di Indonesia, Penonton Siap-Siap Gagal Move On. Jawapos.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmad, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Cv Budi Utama.
Lancia, F., Liliyana, Sagiyanto, A., & Aziz, A. (2022). Tayangan Drama Korea Dan Perilaku Sosial Generasi Milenial. Propaganda, 2(2), 147–155. Https://Doi.Org/10.37010/Prop.V2i2.714
Oktavia, D. L., & Widiasanty, G. (2022). Pengaruh Tayangan Program Ilook Net Tv Terhadap Minat Menonton Siswa/I Smk Sahid Jakarta. Inter Script : Journal Of Creative Communication, 4(1), 23–42. Https://Doi.Org/10.33376/Is.V4i1.1165
Ramadhan, F. (2015). Pengaruh Program Talkshow Komedi The Comment Di Net Tv Terhadap Minat Menonton Masyarakat (Studi Pada Warga Dijalan Sukapura Bandung, Jawa Barat). Telkom University, 2(2), 1–9.
Ramadhan, F., & Putri, S. A. (2023). Pengaruh Intensitas Menonton Youtube Tonight Show Terhadap Pengembangan Wawasan Mahasiswa Stikom Interstudi (Studi Variety Show). Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan, 5(2), 32–56. Https://Doi.Org/10.31599/Komaskam.V5i2.2973
Riawati, D. P., & Hernawati, R. (2016). Hubungan Antara Tayangan Drama Korea Di Media Online Dengan Minat Penonton Dalam Mengenal Budaya Korea Selatan. Prosiding Hubungan Masyarakat, 2(1), 89–94. Https://Karyailmiah.Unisba.Ac.Id/Index.Php/Humas/Article/View/2426/Pdf
Sanggabuwana, D., & Andrini, S. (2017). Dampakmedia Sosial Terhadap Usaha Kecil Danmenengah (Ukm) Sentra Industri Keramik Plered, Kabupaten Purwakarta. Inter Komunika.
Saragih, N. F. Y. B., Manalu, S. R., & Setyabudi, D. (2023). Hubungan Intensitas Menonton Drama Korea Dan Tingkat Kesukaan Musik Pop Korea Dengan Minat Belajar Bahasa Korea Pada Remaja. Jurnal Interaksi Online, 11(3), 141–152.
Socialblade. (2024). Https://Socialblade.Com/Twitter/User/Kdrama_Menfess
Published
2024-08-07
How to Cite
ARDINDAH, Shifa; ANDRINI, Susi. INTENSITAS DRAMA KOREA TWINKLING WATERMELON TERHADAP MINAT PENONTON PADA AKUN TWITTER @KDRAMA_MENFESS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 309-319, aug. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4933>. Date accessed: 26 nov. 2024.