PKM BATIK: PENGEMBANGAN POTENSI BATIK SITUBONDO
Abstract
Tujuan kegiatan PKM ini ialah mengembangkan masyarakat yang mandiri secara ekonomi. Sasaran kegiatan ini adalah mayarakat sekitar sebanyak 15 orang yang terdiri dari 4 laki-laki (pengangguran) dan 11 perempuan (ibu rumah tangga). Mitra usaha dalam kegiatan ini ialah UMKM Lastri Batik sebagai produsen batik khas Situbondo. Permasalahan yang dihadapi oleh Mitra yaitu aspek produksi dan kurangnya SDM yang tersedia. Banyaknya permintaan pasar untuk batik Situbondo tidak diimbangi dengan jumlah pekerja yang memadai, sehingga perlu menambahkan SDM yang dapat memproduksi batik dalam jumlah banyak namun tetap berkualitas. Pihak UMKM tidak memiliki cukup waktu untuk melatih para calon pekerja karena kesibukan di tempat produksi. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan melakukan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan kepada beberapa calon pekerja yang berasal dari warga sekitar untuk membuat batik serta proses pemasaran menggunakan e-commerce yang dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Hasil akhir dari kegiatan ini yaitu bertambahnya jumlah pekerja di UMKM Lastri Batik, sehingga dapat tercukupi jumlah tenaga (SDM) yang dibutuhkan untuk memproduksi batik tulis sesuai dengan permintaan konsumen. Selain itu, meningkatnya taraf ekonomi masyarakat sekitar dengan menjadi pekerja di UMKM Lastri Batik dan juga bisa memproduksi batik tulis secara mandiri.
References
Huda, M. (2019). Pendampingan dan Penguatan UMKM Batik Tulis Karangjati Pandaan Melalui Engagement Marketing Social Media. JURNAL SOEROPATI, 1(2), 207–216.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Motif. Retrieved November 25, 2022, from https://kbbi.web.id/motif.html
Ratnawati, S., & Umi A, N. (2021). Pelatihan dan Pendampingan UMKM Batik Tulis di Desa Jabaran Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. JURNAL ABDIDAS, 2(2), 383–391.
Wikipedia. (2015). Motif Batik. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Motif_batik