PENDIDIKAN POLITIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK GENERASI MILINEAL

  • Nina Sa'idah Fitriyah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Giyanto Giyanto Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Senain Senain Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Hari Susanto Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Siswa sekolah menengah atas sebagai bagian integral dari generasi muda, memainkan peran penting dalam menentukan masa depan pemerintahan. Pada usia ini, mereka berada dalam fase kritis perkembangan pendidikan yang mempengaruhi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor mereka. Namun, kurangnya pendidikan politik yang tepat membuat mereka rentan terhadap manipulasi politik dan propaganda. Meskipun ada larangan aktivitas politik di lembaga pendidikan, praktik kampanye terselubung tetap terjadi, membahayakan integritas pendidikan politik. Pendidikan politik yang diberikan selama ini tidak memadai, dengan sebagian besar siswa tidak menerima pemahaman politik yang benar. Ini berdampak pada rendahnya kesadaran politik dan partisipasi aktif dalam demokrasi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya edukasi Pendidikan politik pada siswa-siswi sekolah menengah atas dalam pemanfaatan media sosial sebagai sumber informasi politik masih belum maksimal, sering kali disertai dengan penyebaran berita palsu (hoaks).  Adapun tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi sekolah menengah atas tentang Pendidikan politik berbasis teknologi informasi untuk generasi milenial. Tahapan metode pengabdian kepada Masyarakat dilakukan secara langsung dengan memberikan pelatihan kepada siswa-siswi terkait Pendidikan politik. Luaran yang ditargetkan berupa publikasi di prosiding UNARS, dan vidieo kegiatan di kanal YouTube Chanel (@unarsofficial).

References

Muhammad Sirozi. 2005. Politik pendidikan: Dinamika hubungan antara kepentingan kekuasaan dan praktik penyelenggaraan pendidikan. Raja Grafindo Persada
Sastroatmodjo, Sudijono. 1995. Partisipasi Politik. Semarang : IKIP Semarang. Press. Setiyawati, Ambar. 2013
Published
2024-07-31
How to Cite
FITRIYAH, Nina Sa'idah et al. PENDIDIKAN POLITIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK GENERASI MILINEAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 316-322, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4880>. Date accessed: 26 nov. 2024.