PELATIHAN TEACHERPRENERSHIP MELALUI KEGIATAN PENGEMBANGAN USAHA BIMBINGAN BELAJAR BAGI MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Mitra dari kegiatan PKM ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) semester akhir. Mayoritas lulusan FKIP ingin menjadikan sekolah sebagai tempat menjalani profesi maupun pengembangan karir. Namun, saat ini peluang menjadi guru ASN sangat sulit, begitu juga dengan guru honorer, yang kesejahteraannya tidak jelas. Pemasalahan mitra adalah peluang yang terbatas tidak sebanding dengan jumlah lulusan yang setiap tahun meningkat. Mindset atau pola pikir yang belum mengarah pada jiwa enterprenuership. Perasaan tidak percaya diri, kurang pintar, rasa putus asa karena tidak mendapat kesempatan mengajar di lembaga formal. Padahal realitanya, usaha bidang pendidikan sangat banyak peluangnya, dengan berbagai macam inovasi, terbukti usaha pada bidang tersebut dapat menghasilkan. Sebagai contohya; ruang guru, primagama, kumon, ganesha operation dll. Berdasakan permasalaan mitra, maka perlu diberikan solusi yaitu edukasi dan penguatan tentang pengembangan karir bagi lulusan FKIP yang berbasis teacherprenuership. Kegiatan PKM ini berupa 1) Sosialisasi konsep teacherpreneur 2) Pembekalan keterampilan marketing dan promosi, manajemen keuangan, Product Knowledge dan 3) Workshop memulai dan mengelola wirausaha bimbingan belajar. Luaran dari kegiatan PKM ini adalah mahasiswa dapat termotivasi untuk berwirausaha pada bidang pendidikan dan mengembangakan inovasi melalui kegiatan berbasis teachprenuership. Selain itu, luaran wajib berupa publikai artikel di prosiding nasional.
References
Rahmatiani L., Mulyadi D., Khalida L.R. Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Mahasiswa melalui Program Kreativitas Mahasiswa (pkm) pada Mata Kuliah Entrepreneur.Jurnal Buana Ilmu, Sep. 2022. Vol 7 No 2 p. 129-137
Savitri, C. & Wanta. (2018). Upaya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Di Ubp Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 3(1), 93–112. https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i1.241.
Universitas Sains dan Teknologi Komputer. (2020). Konsep Teacherrenuer yng menginspirasi peerta didik. Diakses melalui laan https://kewirausahaan-s1.stekom.ac.id/ artikel/konsep- teacherpreneur-yang-menginspirasi-peserta-didik