PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS 6 TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI 1 BESUKI
Abstract
Berpikir kritis merupakan keterampilan yang sangat penting bagi siswa sekolah dasar. Hal ini dikarenakan keterampilan berpikir kritis dapat membantu siswa dalam memahami dan menganalisis informasi, memecahkan masalah, membuat keputusan yang tepat, berkomunikasi secara efektif, beradaptasi dengan perubahan, serta menjadi pembelajar yang mandiri. Pembelajaran di sekolah yang masih menggunakan model konvensional berupa penugasan dan metode ceramah tidak mampu meningkat kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini didasarkan pada observasi awal yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa melalui pemanfaatan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang mengadopsi langkah-langkah dari Kemmis-McTaggart dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa meningkat melalui model ini. Hal ini terlihat dari hasil tes pada siklus I dan siklus II yang meningkat sebesar 41,75%. Hal ini menunjukkan bahwa model Project Based Learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
References
Bramantha, H. (2021). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori Dengan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Video. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(2), 195–202. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.515
Fuad, A. (2015). UPAYA MENGEMBANGKAN GERAK DASAR MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERMAIN: PTK PADA SISWA KELAS V SDN 8 SINDANGKASIH PURWAKARTA. 24–31.
Murniati, E. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pemmbelajaran. Journal of Education, 3(1), 1–18.
Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518
Puspitaningtyas, A. R. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Di Sdn 3 Agel Kecamatan Jangkar Situbondo Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Jurnal Purnama Media, 1(1), 64–71.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.
Usman, J., Mawardi, Zein, H. M., & Rasyidah. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan kelas (PTK). In Pengantar Praktis Penelitian Tindakan kelas (PTK).
Winarti, N., Hamdani Maula, L., Rizqia Amalia, A., Liany Ariesta Pratiwi, N., Muhammadiyah Sukabumi, U., & Negeri Rambay, S. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2419
Zane, T. W. (2013). Implementing Critical Thinking with Signature Assignments.