PENGGUNAAN CHATGPT OPENAI PADA PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN DAMPAKNYA BAGI MAHASISWA

  • Estu Supriyadi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penggunaan ChatGPT OpenAI dikalangan mahasiswa dalam penulisan karya tulis ilmiah, membuat mahasiswa banyak dimudahkan namun disamping itu terdapat dampak negatif yang menyertainya jika penggunaanya tidak dilakukan secara bijak. Atas dasar itu peneliti menggunakan studi pustaka, mendeskripsikan hasil penelitian yang relevan dan menarik kesimpulan tentang Perspektif Penggunaan Chat GPT OpenAi Pada Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Dampaknya Bagi Mahasiswa . Pemanfaatan ChatGPT dapat dimanfaatkan dalam pembuatan suatu karya tulis ilmiah dengan cepat dan efektif. Tapi perlu kita garis bawahi bahwa penggunaan ChatGPT OpenAI harus disertai dengan pemahaman tentang penggunaan ChatGPT OpenAI dan bijaksana, jangan menyebabkan dampak yang merugikan bagi mahasiswa terutama dari segi kritis ,etika, dan nilai kejujuran yang seharusnya menjadi bagian penting dari penulisan karya tulis ilmiah mahasiswa. Kesimpulannya penggunaan ChatGPT dapat mempermudah pengguna dalam memahami dan mendapatkan informasi, yang menguntungkan dalam kegiatan membaca. Peran AI dalam penulisan karya ilmiah saat ini sangat signifikan, di mana ChatGPT dapat berperan sebagai asisten dalam menerjemahkan sumber literatur berbahasa asing. Namun terdapat kekhawatiran terkait penggunaan ChatGPT di bidang pendidikan terutama pada penulisan karya tulis ilmiah, termasuk potensi pelanggaran terhadap peraturan dan etika akademik, isu plagiarisme, serta penurunan kemampuan untuk berpikir kritis dan kreatif.

References

Afandi, A.R., & Kurnia, H. (2023). Revolusi Teknologi: Masa Depan Kecerdasan Buatan (AI) dan Dampaknya Terhadap Masyarakat. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal ISSN: 2988-7968 (Online). AoSSaGCJ, Vol. 3, Issue 1, (2023) page 9-13.
Akhyar, M., Zakir, S., Gusli, R.A., Fuad, R. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Perflexity AI dalam penulisan tugas mahasiswa pascasarjana. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education Vol. 4 No. 2 (2023), hlm. 219-228, DOI: 10.32832/idarah.v4i2.15435 ISSN: 2654-5845 (Online).
Creswell, J. (2015). Research Design: pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dani, W.R. (2023). Analisis Peran Artificial intelligence (AI) Dalam Penulisan karya Ilmiah Pada ChatGPT-3,5 dari OpenAI. SAH 2023 (International Seminar on Adab and Humanities) Raden Fatah Palembang, Indonesia. E-ISSN: 3021-7091.
Dewanto, A.C. (2023. Risiko Dan Mitigasi Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Pendidikan. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan Volume 4 Tahun 2023e-ISSN : 2963-3222.
Hasim, S., Khaira, M., K.K, Mary, C.G., Limbong, J.A., Amelia, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Chat Gpt Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Edutech: Jurnal Teknologi Pendidikan 22(3). Journal of Educational Technology. Journal homepage https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech.
Hidayanti, A., & Azmiyanti, R. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi: Literature Review. Prosiding Senapan. ISSN 2776-2092 (Online). senapan.upnjatim.ac.id.
Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N.I., Hernawati, Dwijayanti, A. (2023. Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah The Benefits of ChatGPT Artificial Intelligence To Help Scientific Writing. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) Vol. 10 No. 1 (2023) 54 - 60 ISSN Media Elektronik: 2443-3640.
Loh, E. (2023). ChatGPT and generative AI chatbots: challenges and opportunities for science, medicine and medical leaders. BMJ Leader, leader-2023-000797. https://doi.org/10.1136/leader-2023-000797.
Maulana, M.J., Darmawan, C., Rahmat. (2023). Penggunaan Chatgpt Dalam Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Akademik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN. Volume 10, No. 01, Mei 2023, pp. 58-66. E-ISSN 2614-6134, P-ISSN 2355-7265.
Pakpahan, R. (2021)Analisa Pengaruh Implementasi Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Manusia. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing) 5.2:506-513. Diambil Dari https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.6.
Salmi, J., & Setiyani, A.A. (2023) ersepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chatgpt di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober 2023, 9(19), 399-406. DOI:https://doi.org/10.5281/zenodo.8403233. p-ISSN: 2622-8327 e-ISSN:2089-5364Accredited by Directorate General of Strengthening for Research and Development. Available online at https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP
Satori, Djam’an & Komariah, Aan. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alafbeta.
Suharman, W. (2023). Pemanfaatan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Education Research and Development p-ISSN : 2548-9291, e ISSN : 2548-9399.
Sugiarto, & Suhono. (2023). Studi Kasus Penggunaan ChatGPTpada Mahasiswa di PTKI Lampung. Jurnal Al –Qiyam Vol. 4, No. 2,December 2023E –ISSN : 2745-9977 P –ISSN : 2622-092X.
Veddayana, C., Romadhon, S., Aldrresti, F., & Suyono. (2023). Rasionalitas Implementasi Chat GPT dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/ghancaran E-ISSN : 2715-9132 ; P-ISSN: 2714-8955 DOI 10.19105/ghancaran.vi.11778
Published
2024-07-24
How to Cite
SUPRIYADI, Estu. PENGGUNAAN CHATGPT OPENAI PADA PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN DAMPAKNYA BAGI MAHASISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 123-130, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4799>. Date accessed: 26 nov. 2024.