OPTIMALISASI PENJUALAN KERIPIK SINGKONG DENGAN DIGITAL MARKETING DI KELURAHAN SEI DENDANG LANGKAT
Abstract
Keripik singkong Aisrah adalah salah satu UMKM di daerah Langkat yang memproduksi keripik singkong secara tradisional dengan menggunakan alat listrik yang dirancang sendiri. Penjualan keripik singkong yang dilakukan oleh mitra selama ini masih bersifat konvensional dimana pembeli langsung datang ke warung. Berdasarkan situasi mitra tersebut, maka tujuan PkM ini adalah memberikan pembinaan terhadap optimalisasi penjualan keripik singkong Aisrah melalui digital marketing berupa Instagram, Whatsapp Business, dan Shopee. Pelaksanaan kegiatan PkM terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap persiapan dilakukan observasi dan wawancara untuk mengetahui situasi yang dialami mitra dan tim pengabdian merumuskan solusi terhadap kebutuhan mitra tersebut, kemudian merancang modul dan PPT berisi materi berkaitan dengan digital marketing yang disebarkan ke peserta. Pada tahap pelaksanaan dilakukan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan digital marketing. Pada tahap evaluasi dilakukan review dan analisis terhadap kegiatan yang telah dilakukan serta menarik kesimpulan. Hasil dari kegiatan PkM ini adalah; (1) Mitra mempunyai pengetahuan dan pemahaman terhadap penjualan keripik singkong melalui digital marketing, dibuktikan dengan mampunya mitra membuat akun Instagram, Whatsapp Business, shopee dan mengoperasionalkannya dengan baik dan menarik. (2) Pendapatan hasil penjualan meningkat, dibuktikan dengan bertambahnya jumlah produksi keripik dan pembeli dari berbagai daerah melalui Instagram, Whatsapp Business, dan Shopee.
References
Batin, M. H., Ulfa, M., Putra, R. T., Marindah, M., & Sari, N. (2020). Sosialisasi Bidai (Tirai) Melalui Internet dan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Rantau Durian 1 Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Martabe Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1): 132-138
Data Reportal. (2022). Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Efendi, S.D.R., Pengembangan Umkm Keripik Pisang Dan Peyek Desa Kutawargi Melalui Inovasi Dan Digitalisasi, Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa. Vol 2 No 1. 2887-8897
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.
Imam, F. (2021). Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Samsung Indonesia Dalam Mempromosikan Produk Telepon Cerdas. Komunikata 57, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.55122/kom57.v2i1.190
Imron, M.S., Nurdian, Y. 2021. Digitalisasi Pemasaran Keripik Tempe Dalam Menghadapi Persaingan Dagang Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17 (1) : 65-76.
Juliana, Djakasaputra, A., Pramezwary, A., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Strategy in Digital Era. Penerbit NEM.
Nurhayati, Sugiyarti, l., Hanah, S, dkk. 2022. Optimalisasi Penjualan Melalui Digital Marketing. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia. 4 (2), 113-124.
Sanimah, Imelda. W, Sri. W. 2021. Pemberian Motivasi Daring Lanjut Perguruan Tinggi terhadap Siswa SMA/SMK pada Masa Pandemi di Kelurahan Dendang. 1(2). 125 - 132