STRATEGI MENGATASI KETIDAKSTABILAN HARGA BAHAN BAKU PADA WARUNG NASI IBU MINAH

  • Attahira Attahira Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fajar Adi Prakoso Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Luthfy Nadhifah Agustina Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Adina Syifa Balqis Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sevia Ayu Febriana Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Salah satu masalah yang sering terjadi di Indonesia adalah kenaikan harga bahan pokok yang akhir-akhir ini menjadi masalah serius, biasanya disebabkan oleh faktor iklim dan cuaca yang tidak menentu. Sehingga menyebabkan petani gagal panen, akibatnya distribusi ke masyarakat berkurang. Kenaikan harga ini akan dapat mengurangi konsumsi masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha warung nasi minah dalam menentukan harga jual produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode wawancara dan Analisis SWOT. Hasil dari kegiatan ini adalah warung nasi Ibu Minah mampu melakukan perencanaan keuangan dalam usahanya, menganalisis kelebihan dan kekurangan secara mandiri dan pesaing. Berdasarkan hasil evaluasi, pengetahuan dan pemahaman ibu Minah tentang warung nasi meningkat setelah pendampingan ini dilakukan.

References

Anugrah, I. R. (2021). Scientific content analysis of batik Cirebon and its potential for high school STEM-approached project-based instruction. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012215
Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem. (2024). KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA KERANGKA ACUAN KERJA Kegiatan ekonomi para pelaku Usaha Mikro , Kecil dan Menengah ( UMKM ) mengacu pada : a . Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro , Kecil dan Menengah ( UMKM ) Bab VI Pasal.
Linda, T. M., Firiola, S., Agnissah, R., Robinson M, B., Rinaldi, M., & Ramadhani, S. (2020). Pemberdayaan masyarakat di Desa Balai Makam dalam pemanfaatan bonggol pisang sebagai rintisan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Unri Conference Series: Community Engagement, 2, 344–351. https://doi.org/10.31258/unricsce.2.344-351
Rahmi, M. (2021). Usaha Umkm Kuliner. Jurnal JPM, 1(1), 5–14. https://doi.org/10.59818/jpm
Safitri, L. (2020). STRATEGIC IMPLEMENTATION OF MARKETING MANAGEMENT AT TMRN CAFE. Dijdbm, 1(5), 736–746. https://doi.org/10.31933/DIJDBM
Safitri, M., & Juliati Nasution, Y. S. (2023). Analisis Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Cat Jotun (Studi Kasus : Cv. Tebar Jalur Mas Kompleks Cemara Asri). Cakrawala Repository IMWI, 6(1), 46–53.
Setiawandari, N. E. P., Febryanto, Y. A., & Wardhani, S. (2022). Pengembangan Desain Kemasan Produk Untuk Memperluas Pasar Pada Umkm Catering Makanan Tradisional. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1123–1128. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5440
Widati, E., & Madaniah, A. (2021). How Could the Warung Tegal Franchise's System Become Interesting? Iccd, 3(1), 176–181. https://doi.org/10.33068/iccd.vol3.iss1.332
Yulianti, N. L., & Arda, G. (2018). Studi Kombinasi Lama Fermentasi, Jenis Wadah dan Suhu Pengeringan Terhadap Karakteristik Kakao Kering. Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian Agrotechno, 3(1), 304. https://doi.org/10.24843/jitpa.2018.v03.i01.p07
Published
2024-07-13
How to Cite
ATTAHIRA, Attahira et al. STRATEGI MENGATASI KETIDAKSTABILAN HARGA BAHAN BAKU PADA WARUNG NASI IBU MINAH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 181-186, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4660>. Date accessed: 26 nov. 2024.