PENDAMPINGAN KEPADA TPQ AL-HIKMAH DENGAN TEMA: MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN ILMU TAJWID DAN MEBIASAKAN DIRI UNTUK MENJALANI AJARAN KEISLAMAN DAN SIKAP NASIONALISME

  • Gufron Rosadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ahmad Fajar As'ad Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Afif Amroellah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

TPQ Mushollah Al-Hikmah merupakan tempat dalam melaksanakan program kerja kelompok 2 KKN Tematik Desa yang beralamatkan di dusun kandang utara Desa Olean Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Kelompok 2 KKN  melakukan pendampingan pengajaran kepada para murid-murid berupa mengaji dan  mengajarkan tajwid kepada para anak-anak di TPQ Mushollah Al-Hikmah guna para anak dapat lancar serta memahami tajwid di setiap bacaan al-qur’an. Tema yang diambil kelompok KKN ialah pembelajaran dan mendidik para anak dengan membaca al-qur’an dan tajwid di TPQ Mushollah Al-Hikmah. Penanaman sikap nasionalisme dan pembentukan karakter pada murid TPQ Mushollah Al-Hikmah juga sangat penting diajarkan. Dalam menghadapi era globalisasi ini banyak pembaharuan yang terjadi, untuk itu penanaman sikap nasionalisme harus ditanamkan sejak usia dini supaya anak mengenal dan memahami bangsa dan negaranya, serta menjauhkan anak dari perilaku yang tidak bermoral. Tujuan diambilnya tema tersebut agar dapat mengedukasi, membimbing, serta memberikan pelajaran tentang al-qur’an agar para anak bisa lancar membaca al-qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid yang diajarkan,  menciptakan generasi yang Islami, membiasakan untuk menjalani ajaran agama Islam, dan membentuk karakter anak yang positif yaitu kejujuran, kerukunan, saling menghormati.

References

Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswakelas Atas Sd Muhammadiyah 14 Surakarta”
Ismail. 2021. “Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al_Qur’an Pada Siswa Kelas Viii Di Mts Al Jihad Buagin Kecamatan Sabrang Selatan Kabupaten Luwu Utara.”
Solikhah. 2019. “Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al_Qur’an Siswa Kelas VIII Di MTs Fatahillah Bringin Ngalian Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019
Setyowati, E., & Ningrum, M. A. 2020. Urgensi Pendidikan Karakter Dan Nasionalisme Bagi Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), Vol. 1, No. 2, 97-106.
Aisyah N., & Wulandari, R. T. 2018. Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 2, 26–34.
Purwastuti, L. A. 2010. Model Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Bagi Anak Usia Dini Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, Vol 40, No 1.
Dinar, R. E., Yanzi, H., & Halim, A. 2019. Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kultur Demokrasi, Vol. 5, No. 2
Kusuma, M. 2020. “Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa Dalam Program Semarak Literasi AlQur’an.”
Permono, H. 2013. Peran Orangtua Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini.
Published
2024-05-28
How to Cite
ROSADI, Gufron; AS'AD, Ahmad Fajar; AMROELLAH, Afif. PENDAMPINGAN KEPADA TPQ AL-HIKMAH DENGAN TEMA: MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN ILMU TAJWID DAN MEBIASAKAN DIRI UNTUK MENJALANI AJARAN KEISLAMAN DAN SIKAP NASIONALISME. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 149-155, may 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4412>. Date accessed: 26 nov. 2024.