PEMBIMBINGAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL-KAROMAH KALIBAGOR

  • Lista Febi Quraini Fakultas Hukum, Universitas Abdrachman Saleh Situbondo
  • Muhammad Hasan Fakultas Pertanian, Sains, dan Tekonologi, Universitas Abdrachman Saleh Situbondo

Abstract

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) merupakan unit pendidikan nonformal jenis keagamaan berbasis komunitas muslim yang menjadikan Al-Qur’an sebagai materi utamanya. Kurangnya pemahaman pengelolaan yang baik dalam suatu pendidikan berdampak pada kualitas suatu lembaga yang telah dilaksanakan sehingga diharuskan untuk memberikan pemahaman bagi pembimbing sesuai prinsip-prinsip pengelolaan yang baik dan benar agar dapat meningkatkan kualitas pengelolaan suatu pendidikan. Tujuan pengabdian ini adalah membantu mengembangkan potensi anak ke arah pembentukan sikap, mendidik dan melatih untuk dapat membaca Al Qur’an dengan baik, sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Mengajarkan hafalan, surat-surat pendek dan ayat-ayat tertentu serta doa-doa, pengetahuan dan keterampilan keagamaan melalui pendekatan yang disesuaikan dengan lingkungan dan tahap perkembangan anak berdasarkan tuntutan Al Qur’an dan mengenal siroh nabawiyah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah memberikan bimbingan kepada pembina tentang pengelolaan pendidikan dengan menambahkan beberapa segmen pada pembelajaran yang diterapkan di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Al-Karomah. Pengabdian yang dilakukan menghasilkan output berupa pemberian al-qur’an dan iqro’ dan penambahan segmentasi pembelajaran berupa pembelajaran mengenai siroh nabawiyah, Aqoid dan sholat serta kaidah penulisan bahasa arab yang baik dan benar.

References

Afwadzi, B., Susanto, Moh. H., Kurniawan, Moch. A. I. D., Ulatifa, F. M., Hasanah, A., & Darissalamah, N. (2023). Sosialisasi Pola Asuh Anak yang Tepat dan Hak Kebebasannya di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sabilil Huda Desa Purworejo Ngantang Kabupaten Malang. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.264
Azzah S, I. R., & Zuraidah, Z. (2021). Optimasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.62
Kurniawati, M., Mustikowati, R. I., & Sundaygara, C. (2023). Peningkatan Kemandirian Taman Pendidikan Al-Qur’an Bani Yasin Melalui Penguatan Tata Kelola Manajemen Dan Perancangan Kurikulum Berkarakter. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(4), 119–126. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i4.63
Oktaviani, E., & Husin, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dan Amaliyah Keagamaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5063–5075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3025
Zulherman, Z., Amirudin, A., & Aslam, A. (2021). Pelatihan Baca Al-Qur’an (Tahsin) bersama Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Kuala Lumpur Malaysia. Jurnal Abdidas, 2(3), 545–550. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.320
Published
2024-05-27
How to Cite
QURAINI, Lista Febi; HASAN, Muhammad. PEMBIMBINGAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL-KAROMAH KALIBAGOR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 68-72, may 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4368>. Date accessed: 26 nov. 2024.