EDUKASI KESENIAN SEBAGAI PENUNJANG KREATIVITAS

  • Alif Rahman Arifin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Eka Nur Agustin Fakultas Sastra, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Konsep pendidikan seni di Sekolah Dasar diarahkan pada pembentukan sikap, sehingga terjadi keseimbangan intelektual dan sensibilitas, rasional dan irasional, akal pikiran dan kepekaan emosi. Karena pada masa usia Sekolah Dasar, perkembangan mental dan fisik anak sedang dalam tahap maksimal sehingga untuk mengoptimalkan kreativitasnya maka pendidikan seni merupakan salah satu cara yang tepat untuk digunakan. Pendidikan seni baik seni rupa, seni music, seni tari maupun drama seharusnya dapat menjadi wadah atau sarana bagi anak untuk mengembangkan dan menuangkan kreativitasnya. Kebutuhan akan kreativitas bagi anak tidak hanya bagi kehidupan seninya saja tetapi juga dalam kehidupannya sehari-hari, kreativitas memiliki peranan yang sangat penting. Untuk metode yang kita gunakan dalam edukasi seni ini kepada anak-anak adalah metode praktek secara langsung, karena anak- anak tidak mungkin melakukan diskusi terlebih dahulu yang pastinya anak-anak akan langsung terjun dengan rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang ada dalam edukasi seni ini. Maka dari itu pendididkan seni, anak dapat melatih dan meningkatkan kreativitas melalui kegiatan-kegiatan seni yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah diterapkan, tetapi kegiatain-kegiatan seni yang dilakukan ini tetap menyenangkan bagi anak.

References

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohidi, T. R. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
____________. 2014. Pendidikan Seni, Isu dan Paradigma. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Rondhi. M. 2017. Apresiasi Seni dalam Konteks Pendidikan Seni. Jurnal Imajinasi. Vol. XI No. 1-Januari 2017.
Published
2024-05-25
How to Cite
ARIFIN, Alif Rahman; AGUSTIN, Eka Nur. EDUKASI KESENIAN SEBAGAI PENUNJANG KREATIVITAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-5, may 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4340>. Date accessed: 26 nov. 2024.