DAMPAK EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI JANJI JIWA JILID 82 KOTA PEKALONGAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur secara simultan dan parsial pengaruh experiential marketing (sense, feel, think, act dan relate) terhadap kepuasan pelanggan di Janji Jiwa Jilid 82 Kota Pekalongan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis data regresi linear berganda. Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini accidential sampling dengan jumlah responden 85 orang. Hasil dari penelitian menunjukan variabel experiential marketing (sense, feel, think, act dan relate) secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Janji Jiwa Jilid 82 Pekalongan yang ditunjukan dengan nilai signifikansi uji F 0.000. Variabel independen berupa (sense, feel, think, act, dan relate) secara parsial berpengaruh signifikan pada kepuasan pelanggan di Janji Jiwa Jilid 82 Kota Pekalongan. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Janji Jiwa Jildi 82 Pekalongan adalah variabel feel.
References
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Edisi 5, Semarang.
Gobis.(2019). Tren Bisnis Kopi dan Perkembangannya. https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/tren-bisnis-kopi/ from: Gobis.co.id (diakses 6 Agustus 2022)
Hendrawan, S.A. (2022). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan di 372 Kopi Setiabudhi Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). 6 (1) 32-41
Indrasari, M. (2019). Pemasaran&Kepuasan Pelanggan (1st.ed). Jakarta: Unitomo Press.
Jiwa Group. (2021). Janji Jiwa 3RD Anniversary. Https://Jiwa Group.Com/Id/Whaton/Detail/39/Janji Jiwa 3rd Anniversary Https://Jiwa Group.Com/Id/Whaton/Detail/39/Janji Jiwa 3rd Anniversary. (diakses pada 8 Agustus 2022)
Lokito, S.A. & Dharmayanti, D. (2013), Analisis Pengaruh Experiential Marketing dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Comedy Kopi Surabaya, Jurnal Strategi Pemasaran Publication Petra.ac.id, Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra, Surabaya
Natasha, A., & Kristanti, D. D. (2013). Analisa pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen di modern café surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 179-190.
Schmitt, B. (1999). Experiential Marketing. Journal of Marketing Management,15 (1-3), 53–67.
Setyadarma. (2023). Implikasi Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pasar Blauran Kotamadya Surabaya. Jurnal ekonomi manajemen akuntansi. 9 (1), 32-41