PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER
Abstract
Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia. Pertumbuhan UMKM yang terjadi mengakibatkan terjadinya persaingan yang cukup ketat. Oleh karena itu diperlukan strategi yang tepat untuk dapat bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan promosi online terhadap kinerja pemasaran UMKM yang ada di Kecamatan Semarang Barat. Data utama dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil dari tanggapan 94 responden yang merupakan pemilik UMKM yang bergerak di sektor kuliner. Data primer yang diperoleh akan dianalisa secara kuantitatif menggunakan SPSS 25. Hasil analisa ini akan memberikan gambaran tentang hubungan pengaruh variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan promosi online terhadap variabel kinerja pemasaran UMKM. Berdasarkan uji emperik ditemukan adanya hubungan yang positif dan signifikan dari variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan promosi online terhadap variabel kinerja pemasaran. Secara simultan orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan promosi online memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan promosi online maka semakin tinggi pula tingkat kinerja pemasarannya.
References
Aulia, R., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 27–38. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i1.2397
Brier, J., & Jayanti, L. dwi. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Diana, N. (2020). Kapabilitas Komunikasi Negosiasi Pada Entrepreneur Pria Dan Wanita. Stability: Journal of Management and Business, 3(1), 62–69. https://doi.org/10.26877/sta.v3i1.6431
[email protected]. (2023). SATU DATA INDONESIA TINGKAT KOTA SEMARANG. 2023. https://data.semarangkota.go.id/data/list/9
Edy Sutrisno. (2021). Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor Umkm dan Pariwisata. Jurnal Lemhannas RI, 9(1), 167–185. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i1.385
Fatmawati, R. A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran pada Warung Kucingan/Angkringan di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 351–352.
Ghozali. (2016). Uji Autokorelasi. https://accounting.binus.ac.id/2021/08/06/memahami-uji-autokorelasi-dalam-model-regresi/
Ghozali. (2018). Reliabilitas. Metode Penelitian, 32–41. http://repository.stei.ac.id/2118/
Harini, S., Silaningsih, E., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 67. https://doi.org/10.33603/jibm.v6i1.6040
Hasibuan, L. (2018). Di Usia Berapa Para Pengusaha Menuai Kesuksesannya? 10 Mei 2018. https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20180510215858-25-14442/di-usia-berapa-para-pengusaha-menuai-kesuksesannya
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60. http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136
Hidayat, A. (2013). Uji Normalitas. 2013. https://www.statistikian.com/2013/01/uji-normalitas.html
Iumk.semarangkota.go.id. (2023). DAFTAR UMKM KOTA SEMARANG. https://iumk.semarangkota.go.id/v2/grid_umkm_publik/
Khodijah, S., Indriyani, A., Manajemen, S., & Setiabudi, U. M. (2023). Analisis Perilaku Pelaku UMKM Kuliner dalam Perspektif Literasi Digital. 1(1), 30–37.