DIGITAL PRENEUR, KUNCI BERJUALAN SUKSES DI MARKETPLACE DAN MUDAHNYA PENCATATAN KEUANGAN
Abstract
Masyarakat Kabupaten Situbondo masih memiliki wawasan yang rendah dalam pengembangan digital marketing produk UMKM. Rendahnya kreativitas masyarakat untuk memasarkan produk secara digital dan lemahnya pengelolaan keuangan disebabkan kurangnya minat untuk belajar dan berbisnis. Hal ini bisa jadi dikarenakan masih rendahnya pemahaman terhadap teknologi yang ada, berbagi informasi penting untuk menambah wawasan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk Siswa Kelas 11 SMA. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2023 yang terbagi dalam dua sesi pelatihan yaitu pelatihan pemasaran melalui marketplace dan sesi kedua yaitu penggunaan aplikasi keuangan untuk pencatatan akuntansi. Antusiasme para siswa sangat baik karena langsung diberikan pemahaman bagaimana cara berjualan online dan mencatat laporan keuangan menggunakan aplikasi. Pembinaan ini akan mengarahkan para mahasiswa tersebut untuk siap berbisnis dan berkembang dengan cepat sehingga mampu menciptakan produk yang inovatif dan pola pasar baru sehingga mampu menghadapi persaingan di era digital.
References
Anoraga, Panji. (2002). Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Perdagangan Republik Indonesia. (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2025. Jakarta: Departemen Perdagangan
Fuady, Munir. (2005). Pengantar Hukum Bisnis cetakan ke II. Bandung : PT.Citra Aditya Bakti.
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa oleh Hendra Teguh dkk, Edisi Milenium, Jakarta : PT Prenhallindo
Miftahus Sholihin, Siti Mujilahwati. (2016). Dampak Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Peningkatan Penjualan Di UMKM : Jurnal Teknika (8)1 Maret 2016
Diyan Ivanov (2012) The impact of e-commerce on small-size companies in Swede : Karistad University : swedan
A Industri, Tokopedia.com Catat Pertumbuhan Transaksi 200%. Diakses pada tangal 17 Desember 2017. http://industri.bisnis.com, E-COMMERCE:
Ann L. Fruhling, Lester A. Digman (2000) The Impact Of Electronic Commerce On Business-Level Strategies : Journal of Electronic Commerce Research, VOL. 1, NO. 1, 2000