PENDAMPINGAN DESAIN PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI GURU DI SMK NEGERI 2 SITUBONDO
Abstract
Pembelajaran digital merupakan suatu proses atau cara penggunaan teknologi digital untuk mendukung dan memfasilitasi proses pembelajaran dan pengajaran. Perkembangan teknologi dan informasi merupakan suatu bentuk tuntutan yang harus dilakukan oleh semua masyarakat khususnya pendidik dalam menerapkan pembelajaran yang berbasis digitalisasi. Masih banyak kalangan pendidik atau guru yang belum menguasai teknologi. Salah satu bentuk keterbatasan penerapan teknologi ini telah dialami oleh para guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Situbondo. Kondisi ini menjadikan proses pembelajaran digital yang diterapkan para guru kurang menarik di mata siswa. Metode pelaksanaan kegiatan terbagi menjadi beberapa tahapan mulai dari tahap survei lokasi, sosialisasi, pendampingan dan tahap evaluasi. Tujuan diadakannya kegiatan pendampingan ini untuk meningkatkan penguasaan dan penerapan teknologi dalam pembelajaran digital bagi para guru dalam menghadapi era digitalisasi saat ini. Hasil yang dicapai melalui kegiatan ini adalah adanya peningkatan penguasaan dan penerapan teknologi dalam pembelajaran digital yang dapat diterapkan oleh para guru di SMKN 2 Situbondo serta terciptanya suatu desain pembelajaran digital yang menarik bagi para siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.
References
Hardiyanti, WE dkk. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Makasar: Universitas Negeri Gorontalo
Komalasari, K (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran Digital Berbasis Living Values Education bagi Guru PPKn SMP di Kabupaten Garut Vol. 3, Issue.2, pp.232-243.
Putra, P., Sucipto, P. W. A., Kusuma, A. W., & Hamidah, I. (2022). CERKAS System Development: Smart Web-Based Sharia Accounting as a Learning Media. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 13(1), 84–98.
Sucipto, B dan Kustandi. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wahid, F. (2012). Pembelajaran Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi: Perspektif dan Pengalaman. Yogyakarta: Graha Ilmu.