SOSIALISASI PEMBUATAN MEDIA EDUKASI BERBASIS ANDROID DI SMA IBRAHIMY SITUBONDO
Abstract
Wabah Covid-19 berdampak pada proses Pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran hybrid yang memberikan beragam reaksi dari berbagai pihak, mulai dari guru, siswa, hingga orang tua. Meskipun kian populer, faktanya pembelajaran hybrid menimbulkan bemacam permasalahan mulai dari jaringan internet, yang diakibatkan kurangnya sarana dan prasarana. Untuk melengkapi sarana dan prasarana orang tua siswa harus mengeluarkan biaya tambahan seperti kuota internet. SMA Ibrahimy Situbondo merupakan sekolah setingkat menengah atas yang ada di daerah Situbondo tepatnya pada kelurahan Mimbaan Barat kecamatan Mimbaan. SMA Ibrahimy Situbondo ini berjarak 3 kilometer dari pusat kota Situbondo. Tahun akademik 2022/2023 penyelenggaraan pembelajaran di SMA Ibrahimy Situbondo ini juga dilaksanakan sesuai dengan peraturan pemerintah, yakni secara hybrid dengan memanfaatkan berbagai macam platform pembelajaran. Menurut keterangan dari kepala Madrasah dan beberapa orang guru, pembelajaran hybrid yang dilaksanakan ini ternyata lama kelamaan menimbulkan dampak penurunan antusiasme belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh rasa jenuh para siswa, menurunya intensitas pendampingan orang tua, biaya tambahan dalam proses pembelajaran serta kreativitas pembuatan media edukatif guru yang tidak maksimal. Sebagian siswa menyatakan bahwa pembelajaran hybrid membuat kualitas belajar mereka menurun karena bosan dengan keadaan lingkungan belajar yang itu-itu saja. Mempertimbangkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, maka tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat akan menawarkan sebuah solusi berupa kegiatan sosialiasi “Sosialisasi Pembuatan Media Edukasi Berbasis Android di SMA Ibrahimy Situbondo”. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka terbatas pada tanggal 23 Juni 2023 dan diikuti 15 guru. Berdasarkan data angket yang diberikan sebelum dan setelah pemberian materi, disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa untuk mengikuti pembelajan hybrid.
References
Ferismayanti. 2020. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Retrieved from: https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/
Novianti, N. R. 2011. Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA. Edisi khusus, 1, 158- 166.
Rimbarizki, R. 2017. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6 (2).
Wulandari, B., & Surjono, H. D. 2013. Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2)