PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA KELAS VII SMPN 1 KARTOHARJO
Abstract
Gotong royong penting untuk dikembangkan karena akan membantu siswa selama kegiatan pembelajaran. Jika siswa memiliki sikap gotong royong, maka siswa akan saling membantu guna mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning untuk meningkatkan karakter gotong royong siswa kelas VII SMPN 1 Kartoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasi Experiment. Untuk sampel penelitian yaitu siswa kelas VII.A sebagai kelas eksperimen yang diterapkan Model Project Based Learning berjumlah 32 siswa dan siswa kelas VII.B sebagai kelas control yang tidak diterapkan Model Project Based Learning berjumlah 25 siswa. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji instrument, uji prayarat, dan uji hipotesis yang menggunakan uji t. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model project based learning untuk meningkatkan karakter gotong Royong siswa kelas VII SMPN 1 Kartoharjo, sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa nilai sig hasil uji t independent 0,031 < 0,05. maka H0 ditolak dan Ha diterimo. Untuk kelas eksperimen memiliki karakter gotong royong yang lebih besar setelah penerapan model project based learning dari pada kelas control yang tidak diterapkan model project based learning.
References
Ayun, A. F. (2016). Pendidikan Karakter Demokratis Di Kelas IVA SD Negeri I Jampiroso Temanggung. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Haryanto & Yudistira, (2012). Komite Sekolah (Sejarah dan prospeknya di masa depan). Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Kasijan. (2014). Psikologi Pendidikan. Surabaya : P.T Bina Ilmu. Khazeh
Nasution. (2014). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Riduwan. (2014). Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT. Grafindo Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta