AKUNTABILITAS ORGANISASI SEKTOR PUBLIK PUSKESMAS
Abstract
Rendahnya kualitas pelayanan publik merupakan salah satu sorotan yang diarahkan kepada birokrasi pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya organisasi public Puskesmas, dengan adanya akuntabilitas publik menjadi salah satu prinsip dari 10 prinsip dalam good governance. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian berdasarkan deskriptif dan literature review secara sistematis. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan program Harzing’s Publish or Perish dengan keyword Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik Puskesmas dari tahun 2020 – 2023 dengan pencarian di Google Scholar Search dengan jumlah paper sebanyak 960 paper. Namun pendekatan analisis berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dan beberapa paper publikasi nasional dengan hasil penelitan menunjukan akuntabilitas organisasi sektor publik puskesmas pada prinsip pertanggungjawaban diantanya memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat mulai dari pencegahan, penyembuhan penyakit, mengurangi penderitaan penyakit dan memulihkan kesehatan masyarakat dan bertanggung jawab pada pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya serta memberikan dampak positif terhadap upaya pelayanan masyarakat, dalam mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Dan akuntabilitas organisasi sektor publik puskesmas dilakukan melalui pendekatan pada kinerja pelayanan public, Tanggungjawab pembayaran pelayanan public, dan pada produk layanan publik.
References
Farida Nur Aini, T. P. ( 2020). Akuntabilitas Pelayanan Kesehatan Pada
Pusat. MIDA, 1-12. Retrieved from file:///C:/Users/ASUS/Downloads/document.pdf
Novia Kartika Sari., Fitrotun Niswah. (2012). Akuntabilitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Plaosan Kabupaten Magetan. Administrasi Publik, FIS, UNESA
Sri Irmawati, H. Sultan M., dan N. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Tatanga Kota Palu. Jurnal Katalogis, 5, 188–197.
Solihat, A., Hakim, L., Rahmayani, R., & Trijumansyah, A. (2021). Strategi Promosi Melalui Public Relations Kebudayaan Mapag Menak, 3(1), 13–18.
Tinangon J., J., Melisa, M. J., & Kho, W. S. (2019). Analisis Pengendalian Internal Atas Persediaan Obat Pada Organisasi Sektor Publik Di Puskesmas Bahu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 3099–3108.
Oetama, M. H. (2022). Pelaksanaan Asas Akuntabilitas Dalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 7(2), 1-15. Retrieved Mei 2022,fromfile:///C:/Users/ASUS/Downloads/20181-49974-1-PB%20(1).pdf
https://dinkes.okukab.go.id/puskesmas-dengan-pelayanan-prima.html https://pelayananpublik.id/2020/06/06/pengertian-puskesmas-tugas-fungsi-dan-kegiatannya/
https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/biszcFRCUnVKUX NnTDZvWnA3ZWtyUT09/da_04/1
https://puskesmaskepung.kedirikab.go.id/Buku/PERMENKES-NO-43-TAHUN-2019- TENTANG-PUSKESMAS_ID32.html