EKSPLORASI FAKTOR-FAKTOR PENENTU KINERJA PEMASARAN: STUDI EMPIRIS PADA UMKM CATERING DI KOTA SEMARANG
Abstract
Keberadaan UMKM di Indonesia semakin berkembang pesat. Hal ini membuat para pelaku usaha dituntut untuk meningkatkan hasil produksi dan mempertahankan usahanya. Kondisi ini memaksa para pelaku usaha melakukan analisa pasar, memikirkan dan mengembangkan strategi apa yang cocok diterapkan dalam usahanya agar mampu beradaptasi dengan lingkungan dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM catering di Kota Semarang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden pemilik UMKM catering di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang diolah menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk memberi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM catering di Kota Semarang.
References
Adijati, Utaminingsih. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Kreatifitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran Pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen Vol. 31. No.2
Amin, M., Sudarwati, & Maryam, M. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Di Sentra Industri Mebel Desa Sembungan. Edunomika t Vol. 03, No. 02, 03.02, 501–10.
Aulia, R., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20.1, 27–38.
Cahyaningtyas, L. A. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaanm dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada IKM Bandeng Presto di Kota Semarang. Economics and Business Solutions Journal.
Dahmiri, & Bhayangkari, S. K. N. (2022). Kinerja Pemasaran Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Dan Bauran Promosi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17.1, 149–56.
Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah. (2022). Data Koperasi & UMKM. https://dinkop-umkm.jatengprov.go.id
Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Semarang. (2022). Data Industri & Usaha Mikro. https://data.semarangkota.go.id/data/list/9
Diskominfo Kota Semarang. (2023). Satu Data Indonesia Tingkat Kota Semarang. 2023. https://data.semarangkota.go.id/data/list/9
Falakhussyaifusoni, R., Purwanto, H., & Trihudiyatmanto, M. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Sentra Industri Gula Merah Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap). Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2.1.
Firdaus, S. M. N. (2018). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Knowledge Management Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Pada Pelaku Umkm Batik Di Kabupaten Grobogan. Junal Analisis Manajemen.
Gunistiyo, & Handan, A. (2019). Manajemen Pemasaram: Membangun Kinerja Pemasaran UMKM. Semarang:Indonesian Research Society (IRS)
Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori Dan Implementasi. Banten:Pascal Books
Kementerian Koperasi dan UKM. (2019). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Dan Usaha Besar (Ub) Tahun 2018 – 2019. https://kemenkopukm.go.id/data-umkm/?1G0unhkjTKyevGUwUb3JjzDgU8SfZDM6BhXevNMuP5eLxfHBvM
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga
Manahera, M. M., Moniharapon, S., & Tawas, H. N. (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk Dan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Umkm Nasi Kuning Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3603–3612.
Marlina. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Dan Kreativitas Pelaku Usaha Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm (Studi Pada Umkm Di Kota Makassar). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 15–38.
Muliyana. (2017). Aturan Sturges Dalam Statistika. https://muliayama.wordpress.com. 24 Oktober 2017.
Ngatno. (2017). Manejemen Pemasaran Baru, Semarang:EF Press Digimedia
Nurmala, Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, Emilda, Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3.1, 65–74.
Nusandini, A., & Nugraha, H. S. (2020). Pengaruh Inovasi Dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing (Studi Pada Ukm Batik Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 315-321.
Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi 3. Lumajang:Widya Gama Press
Rachma, A., Purwinarti, T., & Mariam, I. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pelaku UMKM Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur). Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers, 19, 235–43.
Sari, F. A. P. W & Farida, N. (2020). ‘Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Umkm Kuningan Juwana Kabupaten Pati). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9.3, 345–52.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sulaeman, M. (2018(. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota Banjar). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi – Vol. 2 No. 1 hal. 153-165.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI
Umar, F. (2020). Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Knalpot di Kabupaten Purbalingga). Jurnal Analisis Manajemen.
Wijayanto, N. 2022. Ganjar Beberkan Tiga Program Unggulan Bangkitkan UMKM di Jateng. https://ekbis.sindonews.com/read/972777/34/ganjar-beberkan-tiga-program-unggula n-bangkitkan-umkm-di-jateng-1671376338. 18 Desember 2022
Zuliasanti, K., Rusdarti, & Sakitri, W. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UKM. Business and Accounting Education Journal, 1.3, 247–57.