IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENYIKAPI KEBERAGAMAN PADA MAHASISWASEMESTER VIII PRODI PPKN FKIP UNIVERSITAS PGRI MADIUN TAHUN AKADEMI 2022-2023
Abstract
Kita sebagai bangsa Indonesia yang merupakan bangsa multikultural mengandung unsur keberagaman berupa suku, agama, ras, budaya dan adat istiadat. Berdasarkan hasil observasi, mahasiswa PPKn Semester VIII membentuk beberapa kelompok dikarenakan setiap dari mereka berasal dari latar belakang suku, ras, dan agama yang berbeda, selain itu mereka juga tidak berbaur dekat antar satu sama lain. Hal ini mendorong saya untuk melakukan penelitian terhadap mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah pendidikan multikultural. Penelitian ini yang membedakan penelitian sebelumnya terletak pada implementasi pendidikan multikultural untuk menyikapi keberagaman pada mahasiswa semester VIII PPKn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari Kaprodi PPKn, Guru Besar Prodi PPKn, dan Mahasiswa PPKn Semester VIII, yang didukung data sekunder seperti dokumentasi, jurnal dan buku. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mata kuliah pendidikan multikultural mengajarkan mahasiswa PPKn semester VIII tentang keberagaman kultur yang dapat menyatukan tanpa membedakan keberagaman. Mata kuliah ini sangat penting untuk dipahami oleh mahasiswa supaya mahasiswa dapat memperkuat rasa toleran dalam menyikapi keberagaman yang ada di lingkungan kampus. Sedangkan dengan adanya keberagaman, mahasiswa diajar untuk belajar mencintai tanah air dengan cara bertoleransi yang tinggi terhadap perbedaan yang ada di lingkup kampus.
References
Agustian, Murniati. 2019. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Grafindo
Buku Pedoman Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun 2019
Dera Nugraha , Uus Ruswandi, dan M. Erihadiana. (2020). Urgensi Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan PKn. Vol. 1. No. 2.
Didin Septa Rahmadi, Dan Andika Apriawan. (2019). Pembelajaran Multikultural Pada Kuliah Kewarganegaraan Berbasis Pendidikan Tinggi Vokasi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan. Vol. 3. No. 3.
Eka Prasetiawati. Urgensi Pendidikan Multikultural Untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama Di Indonesia. Jurnal.
Fitriani Shofiah. (2020). Keberagaman dan toleransi Antara Umat Beragama. Jurnal. Vol. 20. No. 2.
Fuadi, Afnan. (2020). Keragaman dalam Dinamika Sosial Budaya Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa. Yogyakarta: Budi Utama.
Mahfud, Choirul. (2021). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Made Antara, Made Vairagya Yogantari. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Indukstri Kreatif. Jurnal Universitas Bali, (file:///C:/Users/USER/Downloads/68-Article%20Text-95-1-10-20181213%20(1).pdf 03 Juli 2023).
Mukhlisatinnisa A, Muhammad S, Nurul L, Idghom M, Harun S. (2022). Kedudukan Kurikulum Dalam Mewujudkan Pendidikan Multikulturalisme. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Dasar, 2(01), 142-156(online) (file:///C:/Users/USER/Downloads/243-Article%20Text-463-2-10-20230324.pdf 16 Juli 2023).
Najmina Nana. (2018). Jurnal Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. Vol.9. No. 1.
Nurul Zuria. Model Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Dalam Fenomena Sosial Pasca Reformasi di Perguruan Tinggi. Jurnal.
Permana, N. Wilhelmus, O. Supryadi, A. Dewantara, A. dkk. (2018). Pendidikan Multikultural di Indonesia Arah dan Manfaatnya. Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 19(10), 13-26(online)(https://ejournal.widyayuwana.ac.id/index.php/jpak/article/view/34 25 Juni 2023).
Puspita Yenny. (2018). Pentingnya Pendidikan Multikultural. Jurnal Prosiding Seminar Nasional.
Sakban, Abdul., Hafsah. (2018). Multikultural & Keberagaman Sosial. Yogyakarta: Budi Utama
Sari Lintang Fitri. (2022). Nilai-nilai Sila Persatuan Indonesia dalam Keberagaman Kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen.
Sipuan. (2022). Pendekatan PendidikanMultikultural. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol. 8. No. 2.
Wulandari, Taat. (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: UNY Press
Yaqin, Ainul. (2019). Pendidikan Multikultural Cross Cultural-Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: LK