PERAN SWITCHING BARRIERS DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSANPEMBELIAN KEMBALI DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM RITEL DI JEMBER

  • Feti Fatimah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ibrahim Kamil Universitas Muhammadiyah Jember
  • Wenny Murtalining Tyas Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nurul Qomariah Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Penelitian  ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis dampak dari  hambatan berpindah terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada UMKM Ritel  di Balung, Jember. Seluruh pembeli pada ritel di Kec. Balung  dijadikan populasi dalam penelitian ini. Sebanyak  100 responden dijadikan sampel penelitian. Agar kuisioner dapat digunakan maka perlu di uji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menjawab hipotesis penelitian maka dilakukan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunujukkan bahwa hambatan beralih berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel  hambatan beralih memberikan hasil dengan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian ulang produk ritel. Variabel kepuasan konsumen ritel memberikan dampak yang positif  terhadap keputusan pembelian ulang pada produk dan jasa ritel yang berada di Kecamatan Balung Kabupaten Jember.

References

Https://surabaya.tribunnews.com/2022/11/12/kabupaten-jember-punya-kekuatan-647000-umkm-untuk-bangkitkan-perekonomian-rakyat., “No Title,” 2022.

Https://jemberkab.bps.go.id/statictable/2015/03/12/54/banyaknya-usaha-mikro-kecilnon-pertanian-kabupaten-jember-menurut-golongan-kegiatan-ekonomi-tahun-2012-.html., “No Title,” 2022.

J. Jones, M. A., & Suh, “Transaction-specific Satisfaction and Overall Satisfaction: An Empirical Analysis,” J. Serv. Mark., vol. 14(2), pp. 147–159, 2000.

R. S. Dewi, H. A. Nisa, and N. Farida, “Pengaruh Kepercayaan Merek, Switching Cost, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen ( Studi pada pengguna ponsel Nokia pada mahasiswa FISIP Universitas Diponegoro angkatan 2010 sampai 2012 ),” Diponegoro J. Soc. Polit., vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2013.

L. A. Umar, H. Taan, and U. Kango, “Pengaruh Kepuasan dan Switching Barrier terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 5, no. 2, pp. 238–252, 2022.

R. S. Dewi, H. A. Nisa, and N. Farida, “Pengaruh Kepercayaan Merek, Switching Cost, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen ( Studi pada pengguna ponsel Nokia pada mahasiswa FISIP Universitas Diponegoro angkatan 2010 sampai 2012 ),” Diponegoro J. Soc. Polit., vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2013.

L. A. Umar, H. Taan, and U. Kango, “Pengaruh Kepuasan dan Switching Barrier terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 5, no. 2, pp. 238–252, 2022.

D. A. Saputro, M. Hufron, and A. R. Slamet, “Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, dan Switching Barriers Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Ogan Malang),” J. Ris. Manaj., vol. 6, no. 2, pp. 124–135, 2017.

P. & G. A. Kotler, Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey, 2016.

F. Tjiptono, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: ANDI Offset, 2014.

S. Putro, H. Semuel, and R. Brahmana, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya,” J. Manaj. Pemasar., vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2014.

B. Kuntari, S. Kumadji, and K. Hidayat, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Pelanggan Bengkel PT Astra International Tbk a Daihatsu Malang),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 36, no. 1, pp. 196–202, 2016.

R. Harun, “Pengaruh Atribut Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Simpedes Pada Bri Unit Kantor Cabang Palu,” Katalogis, vol. 3, no. 10, pp. 145–154, 2015.

K. suharyono Dewi kurniawati, “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan,” J. Adm. Bisnis, vol. 14, no. 2, pp. 1–9, 2014.

R. Chao, T.-C. Wu, and W.-T. Yen, “The Influence of Service Quality , Brand Image , and Customer Satisfaction on Customer Loyalty for Private Karaoke Roomsin Taiwan,” J. Glob. Bus. Manag., vol. 11, no. 1, pp. 59–67, 2015.

H. Saleem and N. S. Raja, “The impact of service quality on customer satisfaction, customer loyalty and brand image: Evidence from hotel industry of Pakistan,” Middle - East J. Sci. Res., vol. 19, no. 5, pp. 706–711, 2014.

N. Qomariah and I. U. Ambarwati, “Efforts to Increase Patient Loyalty at Blambangan Hospital Banyuwangi,” in ICBAE 2022, 2022.

A. Sanosra, E. B. Satoto, T. Ismanto, and N. Qomariah, “Impact of Service Quality and Promotion on Satisfaction and Loyalty of Visitors to Red Island Tourism Destinations Banyuwangi,” Quest Journals J. Res. Bus. Manag., vol. 10, no. 2, pp. 78–86, 2022.

Sutrisno, D. Cahyono, and N. Qomariah, “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN , KEPERCAYAAN SERTA CITRA KOPERASI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS ANGGOTA,” J. Sains Manaj. Bisnis Indones., vol. 7, no. 2, pp. 157–174, 2017.

N. Qomariah, M. K. M. Pangestu, T. Herlambang, and N. N. Putu, “The Role of Promotion and Service Quality in Increasing Consumer Satisfaction and Loyalty in Pawnshops,” J. Econ. Financ. Manag. Stud., vol. 4, no. 10, pp. 1948–1960, 2021.

Nursaid, S. H. Purnomo, and N. Qomariah, “The Impact of Service Quality and Institutional Image on the Satisfaction and Loyalty of Master of Management Students,” in 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019), 2020, vol. 436, pp. 156–161.

N. Qomariah, “Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan,” J. Apl. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 177–187, 2012.

N. Nursaid, S. H. Purnomo, and N. Qomariah, “The Impact of Service Quality and Institutional Image on the Satisfaction and Loyalty of Master of Management Students,” in 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019, 2020, vol. 436, pp. 156–161.

F. I. Saputra, “Kualitas Layanan , Citra dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan ( Studi Pada PT Bank Bni 46 Sentra Kredit Kecil Surabaya ),” Apl. Manaj., vol. 11, no. 3, pp. 445–457, 2013.

P. Y. B. Setiawan, A. Fudholi, and Satibi, “Influence of Marketing Mix Satisfaction and Loyalty Products Customers,” J. Manaj. dan Pelayanan Farm., vol. 6, no. 2, pp. 115–124, 2016.

I. K. Subagja and P. H. Susanto, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Pondok Gede Plaza,” J. Manaj. Bisnis Krisnadwipayana, vol. 7, no. 1, pp. 69–84, 2019.

M. Mutmainnah, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah,” J. Manaj. dan Pemasar. Jasa, vol. 10, no. 2, p. 201, 2018.

A. E. Prasmara, N. Rachma, and A. B. Primanto, “Pengaruh Online Marketing Dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Dengan E- Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Online Shop Khayrscraf,” e – J. Ris. Manaj., pp. 29–44, 2019.

A. Fahrika, N. Rachma, and A. R. Slamet, “Pengaruh Online Marketing Dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Online Shop Joyism Malang,” J. Ilm. Ris. Manaj., vol. 8, no. 4, pp. 52–63, 2019.

Q. G. Oktaviani, “PENGARUH HEDONIC VALUE DAN UTILITARIAN VALUE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN BEHAVIOURAL INTENTIONS,” Calyptra, vol. 6, no. 2, pp. 892–909, 2017.

L. Lamidi and M. D. Rahadhini, “The Effects of Hedonic Value, Utilitarian Value, and Customer Value on Satisfaction and Behavioral Intentions,” J. Appl. Philos. Manag. Innov., vol. 1, no. 1, p. 13, 2018.

H. Hanny and K. Krisyana, “Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada kafe di kota Batam.,” Jesya (Jurnal Ekon. Ekon. Syariah), vol. 5, no. 1, pp. 1115–1129, 2022.

K. Khuana, “Pengaruh Hedonic Value Terhadap Behavioral Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada : 1903 – Heritage Dining ),” Strateg. Pemasar., vol. 3, no. 2, p. , 2016.

K. H. Hanzaee and S. P. Rezaeyeh, “Investigation of the effects of hedonic value and utilitarian value on customer satisfaction and behavioural intentions,” African J. Bus. Manag., vol. 7, no. 11, pp. 818–825, 2013.

M. W. Pramita and A. Danibrata, “Hedonic Value Dan Utilitarian Value Terhadap Customer Satisfaction Serta Dampaknya Terhadap Behavior Intentions Miranti Widya Pramita Aulia Danibrata,” J. Manaj. Tsm, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021.

S. Woor and V. Meliana, “Pengaruh Inovasi Proses T-Cash Tap Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel,” J. Bisnis dan Komun., vol. 6, no. 1, 2019.

R. Y. Antanegoro, D. Surya, and F. Sanusi, “Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah,” J. Ris. Bisnis dan Manaj. Tirtayasa, vol. 1, no. 2, pp. 167–179, 2017.

B. Prabowo, “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Astra Surabaya,” J. Ilmu-Ilmu Sos. Vol.8, vol. 8, no. 2, pp. 92–97, 2013.

A. S. . Ehrenberg, Repeat-buying Facts, Theory and Applications. London: Charles Griffin, 1988.

M. Mu’ah and M. Masram, LOYALITAS PELANGGAN:Tinjauan Aspek Pelayanan dan Biaya Peralihan. Sidoarjo: Zifatama, 2014.

N. Qomariah, Marketing Adactive Strategy. Jember: Cahaya Ilmu, 2016.

T. R. L. & B. W. C. Hair J. F. Jr., Anderson R. E., Multivariate Data Analysis, 3rd edn. New York: Macmillan., 1995.

F. Krisna Hadi and A. Prakosa, “Pengaruh Service Quality, Perceived Value dan Switching Barrier terhadap Customer Retention,” J. Pustaka Manaj. (Pusat Akses Kaji. Manajemen), vol. 2, no. 1, pp. 14–19, 2022.

R. Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

M. R. Alfin and S. Nurdin, “Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelangan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan,” Ecodemica, vol. 1, no. 2, pp. 252–261, 2017.

A. Fahmi, N. Qomariah, and D. Cahyono, “Effect of Service Quality and Service Innovation of Patient Satisfaction and Loyalty,” Int. J. Eng. Res. Technol., vol. 9, no. 06, pp. 1085–1090, 2020.

F. I. S. Listiono and S. Sugiarto, “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Liberia Eatery Surabaya,” J. Manaj. Pemasar. Petra, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2015.

N. Supertini, N. Telagawathi, and N. N. Yulianthini, “Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada pusaka kebaya di singaraja,” Prospek, J. Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 61–73, 2020.

A. S. Soegoto, “PERSEPSI NILAI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN,” J. EMBA, vol. 1, no. 3, pp. 1271–1283, 2013.

E. Y. Affandi and E. Sulistyawati, “KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL TAMAN AGUNG,” E-Jurnal Manaj. Unud, vol. 4, no. 4, pp. 1119–1133, 2015.

Z. Osman and I. Sentosa, “A study of mediating effect of trust on customer satisfaction and customer loyalty relationship in Malaysian rural tourism,” Eur. J. Tour. Res., vol. 6, no. 2, pp. 192–206, 2013.

K. K. Rafiah, “Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia,” Al Tijarah, vol. 5, no. 1, pp. 46–56, 2019.

D. K. Gultom, M. Arif, and M. Fahmi, “Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan,” MANEGGGIO J. Ilm. Magister Manaj., vol. 3, no. September, pp. 171–180, 2020.

H. Setiawan, M. M. Minarsih, and A. Fathon, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan ),” J. Manag., vol. 2, no. 2, 2016.

H. Nikmah, A. Susbiyani, N. N. P. Martini, and N. Qomariah, “The Role of Price , Promotion And Quality Of Service in Improving Honda Motorcycle Customer Satisfaction and Loyalty,” SSRG Int. J. Econ. Manag. Stud., vol. 9, no. 1, pp. 14–23, 2022.
Published
2023-08-18
How to Cite
FATIMAH, Feti et al. PERAN SWITCHING BARRIERS DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSANPEMBELIAN KEMBALI DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM RITEL DI JEMBER. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 246-253, aug. 2023. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3347>. Date accessed: 18 sep. 2024.