PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, GAYA HIDUP, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP POLA KONSUMSI DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, gaya hidup, dan lingkungan sosial terhadap pola konsumsi dengan religiusitas sebagai variabel moderasi pada mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif atau pengaruh sebab akibat, penelitian ini menggunakan teori konsumsi islami dan teori kepercayaan. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar angkatan 2018, 2019, dan 2020. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis data yakni data primer dari penyebaran kuesioner. Metode analisis data yaitu analisis regresi berganda dan moderated regresion analisis (MRA). Penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah memiliki pengaruh positif serta signifikan, gaya hidup berpengaruh positif akan tetapi tidak signifikan, dan lingkungan sosial memiliki pengaruh positif serta signifikan. Selain itu penelitian ini menunjukkan religiusitas tidak menguatkan pengaruh literasi keuangan syariah terhadap pola konsumsi, religiusitas tidak menguatkan pengaruh gaya hidup terhadap pola konsumsi, dan religiusitas melemahkan pengaruh lingkungan sosial terhadap pola konsumsi.
References
Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 92–101.
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 1–8. https://doi.org/10.5281/zenodo.1410873
Septiana, A. (2012). Fenomena Perilaku Konsumsi Mahasiswa Dilihat Dari Literasi Keuangannya. Universitas Trunojoyo, 1, 1–10. https://journal.trunojoyo.ac.id/dinar/article/view/2723/2176
Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.21831/economia.v8i2.1223
Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Laporan Capaian Kinerja OJK 2012 - 2017. Report.
Apriliana, R. marisa. (2020). the Roles of Financial Literacy in Interest To Use Go-Pay.
Melisa, (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Pendapatan Terhadap Penggunaan Produk Perbankan Syariah Dengan Religiuitas Sebagai Variabel Pemodarasi. Skripsi.
Wati, M. F. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Skripsi.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen (pp. 35–36). Alfabeta.
Ruslan, R. (2006). Metode Penelitian Public Relation And Communication. PT. Raja Grafindo.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuailitatif dan R&D. In Analisis Beban Kerja dengan Metode Workload Analysis sebagai pertimbangan pemeberian insentif pekerja. Alfabeta.
Marsudin, (2019). pengaruh literasi keuangan terhadap pola konsumtif mahasiswa perbankan syariah angkatan 2016. April, 33–35.
Budanti, H. S. M. I. dan M. S. (2017). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Prilaku Konsumsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan EkononiFKIPUNS.Chairani. (2019). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku keuangan mahasiswa universitas muhammadiyah sumatera utara skripsi. Skripsi
Kanserina, (2015). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. 5(1).
Agung, I. M., & Husni, D. (2016). Pengukuran Konsep Amanah dalam Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. 43(1990), 194–206.