ANALISIS SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PROSES E-RECRUITMENT BERBASIS PLATFORM: A LITERATURE REVIEW

  • Albertus Johndeo C Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Tutuk Ari Arsanti Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Abstract

Kontribusi Teknologi informasi mengubah sistem rekrutmen dalam perusahaan dari proses konvensional menjadi media online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh perusahaan dalam memilih platform e-recruitment untuk proses rekrutmen (2) Cost and benefit dari platform yang di gunakan (3) platform yang sering digunakan dalam proses rekrutmen. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel terkait rekrutmen online dalam kurun waktu 2018 –2023. Dengan pendekatan ini, peneliti meninjau dan mengidentifikasi artikel secara terstruktur yang diperoleh dari Google Scholar dan ProQuest. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan  bahwa terdapat sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan perusahan dalam memilih platform e-recruitment yaitu: jangkauan dan visibilitas, segmentasi demografis, branding perusahaan serta kemudahan penggunaan. Penggunaan platform e-recruitment memiliki cost and Benefit seperti keuntungan dalam hal penyebaran yang cepat, jangkauan yang luas melalui koneksi internet, efisiensi biaya dan tenaga, akses cepat, keamanan, dan privasi. Dan terakhir berdasarkan artikel acuan platform yang sering digunakan adalah Facebook.

References

Alainati, S. J. Perceptions of Online Recruitment: The Case of Kuwait.
Abou Hamdan, LF (2019). Peran kecerdasan buatan dalam proses rekrutmen dan seleksi: tinjauan sistematis.
BOUDI, Y., & QACHAR, A. (2018). L’usage des médias sociaux dans les pratiques du management des ressources humaines: E-recrutement. Moroccan Journal of Entrepreneurship, Innovation and Management, 3(2), 17-28.
Dharmawan, R. (2018). Analisis Efisiensi Rekrutmen Karyawan Melalui Media Online dan Media Konvensional (Studi tentang Efisiensi Waktu dan Tenaga dari PT. Jasa Marga (persero) Tbk (Disertasi Doktor, Universitas Brawijaya).
Dragusha, B., & Prenaj, V. (2021). The Role of Social Networks as a Tool for an Effective Recruitment Process in the Enterprises in Kosovo. Journal of Eastern European and Central Asian Research (JEECAR), 8(3), 384-394.
Golovko, D. (2020). Tiga Esai tentang pengaruh Facebook perusahaan dan aktivitas saluran tradisional terhadap keberhasilan rekrutmen (Disertasi doktoral, Universität Passau).
Green, H., Fernandez, R., & MacPhail, C. (2021). Social media as a platform for recruitment to a national survey during the COVID-19 pandemic: feasibility and cost analysis. JMIR Formative Research, 5(7), e28656.
Gigauri, I., Gulua, E., & Mushkudiani, Z. (2020). Current advances in digital recruitment of human resources and its potential for companies. Current Advances In Digital Recruitment Of Human Resources And Its Potential For Companies (September 28, 2020). SEU & Science.
Husna, J., Prasetya, A., Shadiqin, S., Pungki, S. F. B., & Muhaimin, Y. (2021). Efektivitas Metode Rekrutmen Melalui Media Sosial. Information Science and Library, 2(1), 45-54.
Husna, J., Prasetya, A., Shadiqin, S., Pungki, S. F. B., & Muhaimin, Y. (2021). Efektivitas Metode Rekrutmen Melalui Media Sosial. Information Science and Library, 2(1), 45-54.
Jamaludin, N. L., Jamil, N. A., Mahpar, S. N., Zaini, N. N. M., Isa, S. S., & Ali, A. (2022). Quality of Information, Easy Access, and Security and Privacy on Effective E-Recruitment: The Moderating Roles of LinkedIn. Global Business and Management Research, 14(4s), 197-215.
Kharisma, I. M., & Wening, N. (2023). Peran Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematik. Jurnal E-Bis, 7(1), 61-80.
Ptel, M. (2020). Social posting in Covid-19 recruiting era-milestone HR strategy augmenting social media recruitment. Dogo Rangsang Research Journal, 10(6), 82-89.
Rafique, T., Asif, M. F., Afridi, J. R., Rehman, N. U., & Mahmood, K. (2020). Credibility of social networking sites: Impact on organizational attraction in recruitment filed. Sarhad Journal of Management Sciences, 6(2), 279-294.
Ruparel, N., Bhardwaj, S., Seth, H., & Choubisa, R. (2023). Systematic literature review of professional social media platforms: Development of a behavior adoption career development framework. Journal of Business Research, 156, 113482.
Sultan, M. F., Tunio, M. N., & Asim, M. (2022). Facebook as the Tool for E-Recruitment for SMEs amid Covid-19: A Conceptual Model To Extend Benefits Of E-Recruitment Towards Firm’s Sustainability. GMJACS, 12(2), 52-67.
Țîru, L. G., & Mohorâta, M. (2020). Attitudes toward e-recruitment. An explorative study in Romania.
Published
2023-08-10
How to Cite
C, Albertus Johndeo; ARSANTI, Tutuk Ari. ANALISIS SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PROSES E-RECRUITMENT BERBASIS PLATFORM: A LITERATURE REVIEW. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 58-68, aug. 2023. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3259>. Date accessed: 03 jan. 2025.