PENGARUH IKLAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK WARDAH MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Abstract
Kecantikan merupakan elemen yang sangat penting bagi setiap wanita. Secara garis besar, kecantikan biasanya mengacu pada fitur wajah yang menjadi penentu dasar persepsi kecantikan atau keburukan. Oleh karena itu, memilih produk yang berkualitas sangat berperan penting dalam menjaga kualitas kulit wajah agar tetap terlihat sehat dan cantik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh periklanan dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan produk Wardah pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo melalui Keputusan Pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural - Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa iklan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, iklan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pelanggan loyalitas, kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Keputusan Pembelian berpengaruh negatif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa variabel periklanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Keputusan Pembelian berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan, Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Keputusan Pembelian berpengaruh negatif signifikan.
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Renika Cipta Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.
Durianto, D. 2011. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Cetakan XX. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, J. 2015. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps.
Kotler, P dan Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia (edisi 1). Jakarta: Salemba Empat.
______. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Prenhalindo. Jakarta.
Machfoedz, M. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Jogjakarta: Cakra Ilmu.
Morissan, M. A. 2010. PerIklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Riyanto, Y. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Sanusi, A. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sunyoto, D. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen.
Tjahjaningsih, E dan Soliha, E. 2015. Manajemen Pemasaran: Tinjauan Teoretis Serta Riset Pemasaran. Semarang: Universitas Stikubank Semarang.
Tjiptono, F 2012. Service Manajement Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Vanessa, G. 2017. Costumer Relationship Management and Marketing Public Relations. Bandung: Alfabeta.