ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SDN 1 MIMBAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2021/2022 KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19 sistem pembelajaran di SDN 1 Mimbaan menggunakan sistem luring (Luar Jaringan). Dalam pembelajaran luring atau tatap muka sekolah ini menerapkan sistem shift. Shift pagi dimulai pukul 07.00 sampai pukul 09.00 , dan shift siang dimulai pukul 10.00 sampai pukul 12.00. Bagaimana tentang guru memanajemen dan mengelola kelas dengan baik, merancang pembelajaran termasuk media pembelajaran dan dalam memilih metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru di Sekolah Dasar (SDN) 1 Mimbaan dan dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menghasilkan data deskriptif dalam bentuk verbal. Data yang dianalisis di dalamnya bersifat deskriptif, bukan berupa angka-angka seperti pada penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru di SDN 1 Mimbaan cukup terpenuhi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan guru kurang maksimal dalam pembelajaran yaitu kurangnya waktu dalam proses memberikan materi karena pada masa pandemi sekolah menerapkan pembelajaran dengan 2 shift yaitu peserta didik dibagi menjadi 2 shift. Shift 1 melakukan pembelajaran dimulai pukul 07.00-09.00, sedangkan shift 2 melakukan pembelajaran dimulai pukul 10.00-12.00. Oleh sebab itu guru hanya memiliki waktu kurang lebih 2 jam pembelajaran di sekolah.
References
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: CV Alfabeta.
Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Pedagogik.