PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MASA PANDEMI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR KABUPATEN SITUBONDO

  • Heldie Bramantha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Dalam proses pembelajaran, penggunaan media audio visual dapat mempertinggi perhatian anak dengan tampilan yang menarik. Media audio visual dapat memberikan pengalaman nyata pada siswa saat pembelajarannya sehingga mendorong adanya aktivitas diri. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah guru menerapkan media audio visual pada pembelajaran daring (dalam jaringan) dan penerapannya sesuai dengan teori yang ada atau tidak. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yaitu melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu wali kelas V SDN 2 Tokelan telah menggunakan media pembelajaran audio visual  berupa  video pembelajaran dan Powerpoint dalam pembelajaran daring yang menggunakan aplikasi google meet yang menjelaskan materi tentang bahaya kabut asap dan cara mengatasinya pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan sub tema 3 memelihara kesehatan organ pernapasan manusia pada pembelajaran 1, telah terlaksana dengan baik dan respon siswa di grub WhatsApp kelas V dalam pembelajaran penggunaan media audio visual cukup baik sehingga siswa mendapatkan nilai yang memuaskan. Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat disumpulkan bahwa Ibu Pipit Haryadin, S.Pd.SD selaku wali kelas V di SD Negeri 2 Tokelan telah menggunakan media pembelajaran audio visual  berupa  video pembelajaran dan Powerpoint.

References

Adam, Steff. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitin Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Purwono. 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik integratif. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sumarno. 2011. Penelitian Kausalitas Komparatif. Surabaya: Elearningunesa.
Published
2022-11-25
How to Cite
BRAMANTHA, Heldie. PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MASA PANDEMI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR KABUPATEN SITUBONDO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 242-247, nov. 2022. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/2460>. Date accessed: 12 july 2024.