ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA MADURA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA MADURA KELAS 4 DI SDN 1 TENGGIR

  • Afif Amroellah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Situbondo
  • Nur Azizatun Niza Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Situbondo

Abstract

Siswa kelas IV di SDN 1 Tenggir tidak selalu menggunakan bahasa Madura yang halus ketika berkomunikasi dalam pembelajaran bahasa Madura. Siswa berkomunikasi menggunakan bahasa engghi enten ketika berkomunikasi dengan guru di kelas. Sedangkan dalam penerapannya siswa harus berbahasa engghi bhunten ketika hendak berkomunikasi dengan orang yang lebih tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa Madura dalam kegiatan pembelajaran dan untuk mengetahui penggunaan bahasa Madura  dalam berkomunikasi di lingkup sekolah dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Sumber utama dalam penelitian  ini adalah siswa kelas IV dan sumber kedua adalah guru pengajar bahasa madura. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa penggunaan bahasa Madura halus sangat berpengaruh pada cara berkomunikasi dengan orang yang lebih tua. Hasil penelitian ini menunjukkan semakin baik penggunaan bahasa Madura halus maka akan semakin baik pula pada cara berkomunikasi dengan orang lain.

References

Purwo, B.K. (2000). Bangkitnya Kebinekaan Dunia Lingustik dan Pendidikan, Jakarta: Mega Media Abadi.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2022-11-25
How to Cite
AMROELLAH, Afif; NIZA, Nur Azizatun. ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA MADURA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA MADURA KELAS 4 DI SDN 1 TENGGIR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 227-232, nov. 2022. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/2452>. Date accessed: 23 dec. 2024.