PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PT. NUSANTARA CARD SEMESTA AGEN SITUBONDO
Abstract
Perkembangan sektor usaha jasa pengiriman saat ini, mulai mengalami pertumbuhan setiap saat, hal ini merupakan suatu tantangan bagi pengusaha lain. sehingga Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan maupun parsial diantara variabel Kualitas Pelayanan Jasa terhadap Kepuasan Konsumen, serta variabel yang dominan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi serta penyebaran kuesioner kepada pelanggan PT. Nusantara Card Semesta Agen Situbondo. Teknik analisa data yang digunakan adalah Analisa Regresi Linier Berganda, Uji F (F-test) serta Uji T (t-test). Berdasarkan analisa yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan yaitu pertama, secara simultan (bersama-sama) diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel artinya ada pengaruh secara simultan antara Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik terhadap Kepuasan Konsumen. Kedua, secara parsial diketahui bahwa Kehandalan (X1) dan Bukti Fisik (X5) sama-sama memiliki nilai thitung > ttabel dan probabilitas < 0,05 yang berarti ada pengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen, sedangkan Daya Tanggap (X2), Jaminan (X3) dan Empati (X4) sama-sama memiliki thitung < ttabel dan probabilitas > 0,05 yang berarti ketiga variabel ini tidak ada pengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen. Ketiga, variabel Bukti Fisik yang dominan dalam mempengaruhi Kepuasan Konsumen.
References
Kotler, Philip, Amstrong, Gary. (2004). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesembilan. Jakarta : PT. Indeks.
Tandjung, Jenu Widjaja. (2004). Marketing Management : Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan. Edisi Kedua. Cetakan Kedua. Bayumedia Publishing. Malang.
Sugiono. (2004). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.
Supranto. J. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar. Jilid 1, Rineka Cipta Jakarta