PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MINAT BELI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONTER PWING RELOAD DI SITUBONDO
Abstract
Pemasaran merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia pasar dimana kita mendistribusikan barang dari produsen ke konsumen. Oleh karena itu kita perlu mengatur strategi apa yang akan kita terapkan dalam dunia pemasaran agar produk yang kita jual sampai ke tangan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen terhadap minat beli konsumen sebagai variabel interveing pada Pwing Reload Counter di Situbondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Counter Isi Ulang Pwimg di Situbondo. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model persamaan struktural – Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Kualitas pelayanan terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Minat beli konsumen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen melalui minat beli konsumen.
References
Ely Mirlana. (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Kereta Api Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.”
Fahtira Virdha Noor. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT Herbal Penawar Alwahida Indonesia Institut Agama Islam Negeri Bandung”
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P dan Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran. edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Jakarta: Salemba Empat.
M.Agustian. (2019). “Pengaruh Minat Beli Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Analisis Aktifitas Belanja online Shop Mahasiswa Uin Suska Riau Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.”
Suyono, S, A. (2012). Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip/Penerapan/Penelitian). Yogyakarta:CV.Andi Offset.
Tjiptono, F. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wita Nensa Siahaan. (2021) .“Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online Lazada Di Batam . Universitas Putera Batam.”