ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN 1 MIMBAAN PANJI KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021- 2022
Abstract
Guru memberikan umpan balik berupa pertanyaan lisan yang berkenaan dengan materi hari ini pada siswa untuk mengingat kembali materi yang telah dipelajari, mengajak siswa menyimpulkan bersama materi hari ini dan menanyakan apa yang tidak dipahami oleh siswa. Sesuai dengan observasi guru kelas menyatakan bahwa pada tahap tindak lanjut menanyakan lagi materi yang sudah dipelajari, menanyakan apa yang belum diapahami siswa, misalnya ada yang belum paham, dijelaskan lagi dan menyimpulkan pembelajaran bersama siswa. Guru kelas juga menambahkan bahwa dengan mengajak siswa bernyanyi bisa membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Siswa yang tidak semangat jadi lebih semangat lagi belajarnya, beberapa temuan berkenaan dengan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3C di SDN 1 Mimbaan. Ketiga metode tersebut, peneliti peroleh langsung dari kepala sekolah yaitu Hadi Sukomulyono, guru kelas 3C yaitu Rony Wijayadan siswa kelas 3 C serta 5 siswa kelas 3C yaitu Febri Uwais Ardika, Aisyah Farah Nabila, Nayara Aliyah S, Reyfan Aland Restiansyah dan Zaqina Ahlaqul Rizqia.Dalam temuan penelitian ini, peneliti melakukan observasi terhadap dua objek. Pertama, guru kelas 3C yaitu mencangkup tentang proses pembelajaran, peran guru dan bentuk motivasi belajar yang diberikan guru. Kedua, observasi dengan siswa kelas 3C terkait dengan bentuk motivasi instrinsik dan ekstrinsik.
References
Augina, Mekarisce. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat. Volume 12, Edisi 3. Diakses dari https://jikm.upnvj.ac.id/index.php/home/article/view/102. 10 Juni 2019.
Askhabul, Kirom. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Volume 3, No 1. Diakses dari https://jurnal.Yudharta.ac.id/v2/index.php/pai
Moleong, J. Lexy. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mutiarani, Riska. (2017). Implementasi Dan Implikasi Full Day School Pada Pembelajaran Sosiologi Di SMAN 10 Pontianak. Diakses dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/32022. 5 April 2017.
Musaddad, Harahap. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Volume 1, No. 2. Diakses dari https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/625. 24 Agustus 2017.
Ratnawati. (2018). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Diakses dari https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id. 5 Mei 2018.
Rohmah, N Annisa. (2017). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Dasar. Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam. Volume 9, No 2. Diakses dari http://doi.org/10.37850/cendekia.v9i02.106. 5 Oktober 2017.
Rukaesah dan Cahyana. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutirna. (2013). Bimbingan dan Konseling. Jokjakarta: CV Andi Offset.
Sundari, Fauliana.(2017). Peran Guru Sebagai Pembelajaran Dalam Memotivasi Peserta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara