PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFE DEPOUR DI KABUPATEN SITUBONDO

  • Mohammad Yahya Arief Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Moh Rifaldi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ediyanto Ediyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh variabel keragaman produk, harga, dan kualitas pelayanan secara parsial, Simultan dan dominan terhadap variabel kepuasan konsumen pada Cafe Depour di Kabupaten Situbondo. Teknik Pengumpulan Data menggunakan studi pustaka, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t dan Uji f. Objek penelitian ini adalah Konsumen Cafe Depour. Hasil penelitian secara parsial variabel keragaman produk (X1), harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Sementara secara simultan produk (X1), harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Seluruh variabel bebas (keragaman produk, harga dan kualitas pelayanan) mempunyai kontribusi sebesar 43,8% terhadap variabel terikat kepuasan konsumen dan sisanya sebesar 56,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian.

References

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Engel, F. 2013. Perilaku Konsumen. The Drydn Pres. Jakarta : Bina Aksara.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2011. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. dan Armstrong. 2015. Pengantar Pemasaran 12th Edition. Inggris : Pearson Education, Inc.

Kotler, P. dan Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran. 15th Edition. Pearson Education.

Liu, Vivin. 2016. Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan suasana cafe terhadap kepuasan konsumen di Gaebox Coffee Yogyakarta Jl. Perumnas, Caturangga, Depok, Sleman Yogyakarta.
Pratama, B.A. 2017. Pengaruh Keragaman Produk, Harga, Lokasi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Bebek Goreng Bang Alex Situbondo.

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Umrela, Ahmad Alkahfi. 2017 Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Bebek Cak Kim Panarukan Situbondo.
Published
2022-10-18
How to Cite
ARIEF, Mohammad Yahya; RIFALDI, Moh; EDIYANTO, Ediyanto. PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFE DEPOUR DI KABUPATEN SITUBONDO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 48-55, oct. 2022. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/2309>. Date accessed: 13 apr. 2025.