ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR

  • Heldie Bramanta Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Muhtadi Irvan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Siti Rahmania Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3083

Abstrak

Pendidikan karakter adalah sistem penanaman nilai-nilai karakter di sekolah, diantaranya pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk menerapkan  nilai-nilai  tersebut  terhadap  Tuhan  Yang  Maha  Kuasa,  dirinya sendiri, kepada lainnya, lingkungannya, dan seluruh bangsa sebagai sebaik-baik manusia. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah 1 Panji Kabupaten Situbondo Tahun. Pada pandangan teori terdapat 6 (enam) jenis model pendidikan karakter yang dapat diterapkan di sekolah yaitu Model Pembiasaan, Model Keteladanan, Model Pembinaan Disiplin Siswa, Model CTL (Contextual Teaching and Learning), Model Bermain Peran, dan Model Pembelajaran Partisipatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif.Responden dalam penelitian ini adalah siswa dengan jumlah sampel sebanyak 24 orang siswa dari seluruh kelas paralel. Data yang diperoleh, dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pendidikan karakter pada pandangan teori yang mendominasi di SD Muhammadiyah 1 Panji yaitu model keteladanan, mencapai 99,07 %. Pada model ini, seluruh pendidik beserta tenaga pendidik dan orang tua mampu memberikan suri tauladan yang baik antara pendidikan di sekolah dan di rumah serta lingkungan. Selain itu, dari 18 karakter nasional juga telah tersubstansi di dalam pendidikan karakter di sekolah ini, diantaranya religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Referensi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniasih, Imas dan Sani. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 : Konsep
dan Penerapan. Surabaya : Kata Pena
Kurniasih, Imas dan Sani. (2017). Pendidikan Karakter. Surabaya : Kata Pena
Marzuki. (2017). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta : AMZAH
Mulyasa. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara
Purwanto, Eko Hadi, dkk. (2017). Pedoman Penulisan Skripsi. Situbondo : UNARS Press
Rasid, Fathor. (2017). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Akademik Kelas V di
SDN 6 Dawuhan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/ 2018.
Situbondo : UNARS
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).
Bandung : Alfabeta
Diterbitkan
2023-07-08
##submission.howToCite##
BRAMANTA, Heldie; IRVAN, Muhtadi; RAHMANIA, Siti. ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 127-134, july 2023. ISSN 2656-4459. Tersedia pada: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3083>. Tanggal Akses: 09 july 2024 doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3083.
Bagian
Articles