ANALISIS PEMASARAN KOMODITAS MANGGA ARUMMANIS DI KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Tanaman mangga tumbuh baik di daerah Situbondo terbukti dengan menghasilkan buah mangga yang berkualitas baik khususnya mangga arummanis yang sangat diminati oleh konsumen. Berdasarkan surve dilapangan Kecamatan Kapongan merupakan wilayah yang menjadi sentra produksi mangga di Situbondo. Namun sampai saat ini, masalah utama di perkebunan mangga rakyat yang belum mampu diatasi diantaranya adalah sistem pemasaran mangga yang belum efisien karena banyaknya petani yang minim pengetahuan mengenai saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran sehingga petani tidak dapat menentukan pemasaran yang paling efisien. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui Marjin pemasaran dan farmer’s share terbaik dalam saluran pemasaran mangga arummanis di Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data primer dan data sekunder dan menggunakan analisis data Margin Pemasaran, Farmer’s Share dan Profitability Index. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Saluran pemasaran mangga arummanis di Kabupaten Situbondo Kecamatan Kapongan terdapat 4 pola saluran pemasaran dari keempat pola saluran tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan marjin pemasaran dan farmer’s share pada pola ke 4 merupakan hasil perhitungan yang paling efisien bagi petani mangga arummanis di Kecamatan Kapongan.