WORKSHOP PENGUATAN PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU DAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMP NEGERI 2 SUMBER MALANG DAN SMP NEGERI 1 KALIANGET KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan workshop penguatan pembelajaran paradigma baru dan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Sumber Malang dan SMP Negeri 1 Kalianget Kabupaten Situbondo dalam tahap persiapan. Mendesain P5 diawali dengan pemilihan tim fasilitator projek, selanjutnya mengukur kesiapan selolah dan memilih tema umum. SMP Negeri 2 Sumber Malang dan SMP Negeri 1 Kalianget Kabupaten Situbondo memilih 2 dimensi dalam pengimplementasian P5 yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; dan dimensi kreatif.
Kata kunci: Workshop, Projek, Profil Pelajar Pancasila
References
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Keputusan Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Nomor 009/H/Kr/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Suplemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.
Nahdiyah, U., Arifin, A., & Juharyanto. (2022). Pendidikan Profil Pancasila Di Tinjau dari Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada PAUD Dan Pendidikan Dasar, 5, 1–8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3324/1867
Nofri Hendri. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi. Jurnal, E-Tech, Volume 08 Number 01 2020issn: Print 2541-3600–Online2621-7759. Doi: 10.1007/ Xxxxxx-Xx-0000-00.
Nursalim, M. (2020). Peran Guru Bk/ Konselor Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020 Pd Abkin Jatim & Unipa Sby.
Ratnasari & Neviyarni. (2021). Peran Guru Bk (Bimbingan Dan Konseling) Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5 (2), 4051-4056.
Rudiawan, R., Cahyono, H., & Puji A, A. (2022). Praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan Pacitan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 23–35
Sibagariang, D. ., Sihotang, H. ., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99. Https://Doi.Org/10.51212/Jdp.V14i2.53.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Hal. 13 – 28. Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Semiba/Issue/View/956/.
Yamin, M. & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 6 (1), 126-136. Http://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Jime/Index




