PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR MAHASISWA DI SMAN 1 AROSBAYA
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital peserta didik melalui pemanfaatan Google Sites sebagai media pembelajaran dalam kegiatan asistensi mengajar di SMAN 1 Arosbaya. Bermula dari rendahnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, dimana guru masih dominan menggunakan media konvensional seperti PowerPoint dan bahan cetak. Pengabdian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahap, yaitu analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi menggunakan metode Blackbox Testing untuk memastikan fungsionalitas setiap fitur berjalan dengan baik. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Google Sites layak digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran. Media ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan keterampilan literasi digital dengan menyediakan akses pembelajaran yang interaktif, menarik, serta mudah diakses baik di dalam maupun di luar kelas.









