PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR MAHASISWA DI SMAN 1 AROSBAYA

  • Wahyu Mulia Maharani Universitas Trunojoyo Madura
  • Krisna Raditya Pratama Universitas Trunojoyo Madura
  • Raihan Nur Firmasyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Diana Syifah Universitas Trunojoyo Madura
  • Muhammad Fajrul Islam Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital peserta didik melalui pemanfaatan Google Sites sebagai media pembelajaran dalam kegiatan asistensi mengajar di SMAN 1 Arosbaya. Bermula dari rendahnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, dimana guru masih dominan menggunakan media konvensional seperti PowerPoint dan bahan cetak. Pengabdian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahap, yaitu analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi menggunakan metode Blackbox Testing untuk memastikan fungsionalitas setiap fitur berjalan dengan baik. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Google Sites layak digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran. Media ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan keterampilan literasi digital dengan menyediakan akses pembelajaran yang interaktif, menarik, serta mudah diakses baik di dalam maupun di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-27
How to Cite
MAHARANI, Wahyu Mulia et al. PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR MAHASISWA DI SMAN 1 AROSBAYA. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 161-170, nov. 2025. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/7373>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v5i1.7373.
Section
Articles