TRANSFORMASI BUDAYA ANTI-BULLYING BERBASIS MODERASI BERAGAMA: MODEL PARTISIPATIF DI SEKOLAH DASAR

  • Muhammad Yusuf Pratama Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Abidah Khoirunna’imah Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Nazilatul Aisyiah Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Muhammad Syauqurrobi Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Rikza Afiful Amna Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Ananda Pramesthi Yunita Sari Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Syifaunnisa Af’idatus Safira Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Zida Haniatus Syifa Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Lutfiyah Lutfiyah Universitas Islam Negeri Walisongo

Abstract

Bullying di sekolah dasar telah menjadi fenomena global dengan dampak psikososial yang mengkhawatirkan; sekitar 47% siswa di berbagai negara dilaporkan mengalami perundungan, dengan sebagian besar menunjukkan gejala kecemasan, depresi, dan bahkan risiko bunuh diri. Artikel ini bertujuan menganalisis efektivitas program “Stop Bullying” berbasis nilai moderasi beragama di SDN 1 Sidomulyo sebagai strategi preventif dan transformatif. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dan melibatkan 180 siswa, guru, serta tokoh masyarakat melalui metode Focus Group Discussion (FGD), observasi partisipatif, dan aksi simbolik “Cap Tangan STOP BULLYING”. Hasil menunjukkan penurunan signifikan jumlah siswa pelaku bullying dari 20% menjadi 5% setelah intervensi dilakukan. Internalisasi nilai-nilai toleransi, anti-kekerasan, dan keberagaman berhasil membentuk kesadaran kolektif dan komitmen moral siswa terhadap budaya sekolah yang damai. Program ini tidak hanya efektif secara afektif dan simbolik, tetapi juga memperkuat karakter religius dan kebangsaan siswa sebagai fondasi ketahanan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-10-23
How to Cite
PRATAMA, Muhammad Yusuf et al. TRANSFORMASI BUDAYA ANTI-BULLYING BERBASIS MODERASI BERAGAMA: MODEL PARTISIPATIF DI SEKOLAH DASAR. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 30-48, oct. 2025. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/7104>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v5i1.7104.
Section
Articles