PENDAMPINGAN KELOMPOK GURU IKM MI DALAM MENCAPAI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA MELALUI APE BATTIK DI KRAKSAAN

  • Nur Fitri Amalia Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Firdaus Ainul Yaqin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Imroatus Saadah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pelatihan pembuatan alat permaianan edukatif untuk mencapai profil pelajar pancasila siswa. Alat permaianan edukatif tersebut dinamakan dengan APE BATTIK akronim dari (Alat Permainan Edukatif Budaya, Akhlak, Kritis, Kreatif, Inovatif dan Ketuhanan). Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan yang digunakan PAR (Participatory Action Research) artinya peneliti terlibat langsung dan melebur bersama subjek dampingan. Strategi yang digunakan yaitu analisis pohon masalah dan analisis harapan yang dilakukan bersama subjek dampingan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kegiatan dilakukan selama empat minggu meliputi tahap to know, to understand, to plan, to action and to change. Subjek dampingan pada kegiatan PKM ini adalah kelompok guru MI Kraksaan yang terdiri 12 anggota. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat 12 guru memiliki kemampuan mendesain pembelajaran yang menarik melalui alat permaianan edukatif BATTIK melalui aplikasi canva. APE BATTIK juga dapat digunakan sebagai aternatif solusi mengajarkan siswa dimensi kebhinekaan global elemen menganl budaya sehingga membuat siswa lebih tertarik mempelajarai tentang budaya lokal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-24
How to Cite
AMALIA, Nur Fitri; YAQIN, Firdaus Ainul; SAADAH, Imroatus. PENDAMPINGAN KELOMPOK GURU IKM MI DALAM MENCAPAI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA MELALUI APE BATTIK DI KRAKSAAN. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 285-296, dec. 2024. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/5776>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v4i1.5776.
Section
Articles