PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLATFORM ANIMAKER UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI TEKNOLOGI BAGI GURU SD KECAMATAN UNGARAN BARAT

  • Rasiman Rasiman Universitas PGRI Semarang
  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang
  • Titik Haryati Universitas PGRI Semarang
  • Husni Wakhyudin Universitas PGRI Semarang

Abstract

Tujuan pelatihan pengembangan media pembelajaran platform animaker bagi guru SD di Kecamatan Ungaran Barat adalah meningkatkan kompetensi guru agar terampil dalam membuat media pembelajaran berbentuk animasi pembelajaran, guna mewujudkan pembelajaran yang menarik dan atraktif. Langkah-langkah dalam melaksanakan program pengabdian sebagai berikut: (1) Penyusunan proposal, kegiatan berdasarkan analisis masalah dan kebutuhan guru SD, serta menggunakan refesensi-referensi yang up to date berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran, (2) Koordinasi dengan mitra, untuk menentukan waktu pelaksanaan, (3) Pelaksanaan pelatihan mulai dari teori dan praktek berlangsung selama 3 bulan. Metode yang digunakan metode kaji tindak yaitu dilakukan kegiatan pelatihan intensif, implementasi, dipantau dan dievaluasi, serta tindak lanjut implementasi dan perbaikan kegiatan. Metode pelatihan dengan ceramah, tanya jawab, pemberian motivasi, penugasan, curah pendapat, dan metode pembelajaran yang digunakan dalam pelatihan untuk membentuk karakter guru yang kompeten dalam bidang teknologi menggunakan pendekatan andragogi dimana metode ini khusus digunakan untuk orang dewasa. Hasil yang dicapai dalam pelatihan Memberikan pembelajaran, pelatihan dan pendampingan terhadap guru SD untuk memproduksi media pembelajaran animasi, keterampilan yang yang dihasilkan diantaranya: (1) Guru SD mampu membuat tulisan animasi untuk media pembelajaran dan mixing gambar dan audionya, (2) Guru SD mampu membuat berbagai gerakan aset gambar yang ada di aplikasi animaker untuk media pembelajaran, (3) Adanya peningkatan kualitas mixing audio dan mastering media yang menggunakan aset gambar dan tulisan yang disediakan oleh animaker, dan (4) Peningkatan literasi teknologi para guru SD terutama dalam memanfaatkan beberapa aplikasi pembuatan media pembelajaran yang ada di internet, seperti Doodley, dan Toonley. Luarannya adalah (1) Jurnal nasional terakreditasi, (2) Media massa, dan (3) HKI.

Published
2024-08-29
How to Cite
RASIMAN, Rasiman et al. PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLATFORM ANIMAKER UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI TEKNOLOGI BAGI GURU SD KECAMATAN UNGARAN BARAT. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 340-351, aug. 2024. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/5364>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v3i2.5364.
Section
Articles