PEMBERDAYAAN WARGA BINAAN MELALUI USAHA BUDIAYA SAWI (BRASSICA SINTENSIS L) DI LAHAN RUMAH TAHANAN NEGARA KLAS II B SITUBONDO

  • Wiwik Sri Untari Fakultas Pertanian Sains & Teknologi, Universitas Abdurcahman Saleh Situbondo
  • Andina Mayangsari Fakultas Pertanian Sains & Teknologi, Universitas Abdurcahman Saleh Situbondo

Abstract

Rumah Tahanan Negara (RUTAN) merupakan bagian di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yang bertanggung jawab atas penempatan, perawatan, dan pelayanan tahanan. Di Indonesia, salah satu contoh RUTAN adalah Rumah Tahanan Kelas II B Situbondo, yang terletak di Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Warga binaan di RUTAN ini memiliki kebutuhan untuk mengembangkan keterampilan selama masa tahanan mereka. Salah satu keterampilan yang ditekankan adalah budidaya sawi, karena lahan pekarangan di RUTAN cukup luas. Program pemberdayaan ini bertujuan untuk mendorong warga binaan menjadi wiraswasta setelah bebas, serta meningkatkan pengetahuan mereka tentang budidaya sawi. Metode pelatihan dan praktek langsung diterapkan dalam program ini. Harapannya, program ini akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga binaan dalam budidaya sayuran, terutama sawi, dengan efektif, dan mencapai target panen sawi sebanyak 400 kg dari lahan yang diusahakan.

Published
2024-08-04
How to Cite
UNTARI, Wiwik Sri; MAYANGSARI, Andina. PEMBERDAYAAN WARGA BINAAN MELALUI USAHA BUDIAYA SAWI (BRASSICA SINTENSIS L) DI LAHAN RUMAH TAHANAN NEGARA KLAS II B SITUBONDO. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 284-290, aug. 2024. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/4828>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v3i2.4828.
Section
Articles