SOSIALISASI DAN PRAKTEK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN MANISAN JAHE PADA DASA WISWA MELATI SUMBERANYAR BANYUPUTIH SITUBONDO

  • Andina Mayangsari Fakultas Pertanian Sains & Teknologi, Universitas Abdurcahman Saleh Situbondo
  • Angga Kurdiansyah Fakultas Pertanian Sains & Teknologi, Universitas Abdurcahman Saleh Situbondo
  • Moch Imam Vickry Musthofa Fakultas Pertanian Sains & Teknologi, Universitas Abdurcahman Saleh Situbondo

Abstract

Tanaman obat di Indonesia memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga kesehatan, baik melalui pendekatan preventif maupun promotif. Salah satu contohnya adalah tanaman jahe, yang merupakan jenis rimpang yang mudah dibudidayakan dan tersebar luas di Indonesia. Selain digunakan sebagai rempah-rempah dan bumbu masak, jahe juga menjadi komoditi penting dalam industri dengan produk olahannya seperti serbuk manisan jahe. Di Dusun Ranurejo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, dilakukan kegiatan sosialisasi mengenai pembudidayaan jahe. Sasaran utama kegiatan ini adalah ibu-ibu dari Dasawisa Melati RT. 002 RW.001. Metode yang diterapkan adalah partisipatif, di mana peserta secara langsung terlibat dalam kegiatan tersebut. Keseluruhan proses sosialisasi berjalan lancar, dengan partisipasi aktif dan antusiasme tinggi dari peserta dalam mengikuti kegiatan ini.

Published
2024-08-04
How to Cite
MAYANGSARI, Andina; KURDIANSYAH, Angga; VICKRY MUSTHOFA, Moch Imam. SOSIALISASI DAN PRAKTEK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN MANISAN JAHE PADA DASA WISWA MELATI SUMBERANYAR BANYUPUTIH SITUBONDO. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 278-283, aug. 2024. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/4827>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v3i2.4827.
Section
Articles