PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK UMKM GULA AREN DESA PATEMON

  • Ahmad Hafas Rasyidi STKIP PGRI Situbondo
  • Dassucik Dassucik STKIP PGRI Situbondo
  • Ikromatul Hasanah STKIP PGRI Situbondo
  • Ummi Kulsum STKIP PGRI Situbondo
  • Reza Dwi Agustin STKIP PGRI Situbondo
  • Sahrul Hasbullah STKIP PGRI Situbondo
  • Lutfi Rofiqi STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Di era modern ini, digital marketing berkembang pesat dengan fitur-fitur menarik yang ada disetiap aplikasinya. Hal ini seimbang dengan berkembangnya smartphone yang kian menjangkau semua kalangan, dari remaja hingga orang tua. Akan tetapi ditengah berkembangnya smartphone, tidak diimbangi dengan pemanfaatan yang baik. hal ini terjadi pada masyarakat Desa Patemon Kecamatan Bungatan Situbondo. Mayoritas masyarakat desa memiliki smartphone yang dapat dimanfaatkan sebagai media untuk penjualan jika mereka bisa memanfaatkannya. Penghasilan sehari-hari menggantungkan pada penjualan gula aren yang mereka olah sendiri. Tempat berjualan dilakukan di pasar tradisional dengan harga bersaing dengan satu sama lainnya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan dan pelatihan secara langsung untuk memanfaatkan digital marketing sebagai media untuk memasarkan produk gula aren. Hasil dari pengabdian ini masyarakat dapat memahami pentingnya digital marketing dalam pemasaran produk dan masyarakat bisa memanfaatkan digital marketing sebagai media pemasaran produk mereka.

Published
2024-07-25
How to Cite
RASYIDI, Ahmad Hafas et al. PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK UMKM GULA AREN DESA PATEMON. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 249-259, july 2024. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/4823>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v3i2.4823.
Section
Articles