PENDAMPINGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI PESERTA DIDIK DI SDN 1 PATEMON

  • Dassucik Dassucik STKIP PGRI Situbondo
  • Agusti Agusti STKIP PGRI Situbondo
  • Muhammad Padilah Ramadan STKIP PGRI Situbondo
  • Desi Sundarwati STKIP PGRI Situbondo
  • Nafisah Nafisah STKIP PGRI Situbondo
  • Vita Nur Sihinda STKIP PGRI Situbondo
  • Nur Kamilah STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu tersusunnya sistem pengelolaan bahan pustaka yang baik dan benar pada sekolah mitra dan tersusunnya buku panduan pengelolaan perpustakaan sekolah dasar. Khalayak sasaran kegiatan ini mitra yaitu SDN 1 Patemon. Kegiatan ini melibatkan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari 2 orang dosen dan 5 orang mahasiswa sebagai narasumber dan pendamping, dan satu guru mitra yang bertugas sebagai pustakawan sekolah. Metode pelaksanaan yaitu pendekatan klasikal dan pendekatan individual. Kegiatan pendampingan pengelolaan perpustakaan ini memberikan hasil berupa tersusunnya sistem pengelolaan bahan pustaka pada sekolah mitra dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini berhasil dalam mencapai tujuan. Manfaat yang bisa diperoleh melalui kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan literasi peserta didik.

Published
2024-07-25
How to Cite
DASSUCIK, Dassucik et al. PENDAMPINGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI PESERTA DIDIK DI SDN 1 PATEMON. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 228-241, july 2024. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/4821>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v3i2.4821.
Section
Articles