PELATIHAN DESAIN KEMASAN DAN LABEL MENGGUNAKAN MEDIA CANVA SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN BAGI PELAKU UMKM DI DESA TREBUNGAN SITUBONDO

  • Raudatul Jannah Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Situbondo
  • Dassucik Dassucik Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Situbondo
  • Susi Radila Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Situbondo
  • Shinta Nur Maulidah Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Situbondo
  • Arya Lenza Lambang R Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat bermitra dengan UMKM di Desa Trebungan. Mitra merupakan pelaku usaha yang menjalankan kegiatan usaha berupa produk Rengginang, Bakery dan Kue Tradisional. Dalam menghasilkan produk, masih ada beberapa pelaku usaha yang belum memiliki kemasan dan label produk, dan ada pula pelaku usaha yang sudah memiliki kemasan dan label namun bersifat seadanya, sehingga produk tersebut kurang menarik ketika dipasarkan. Selain itu, konsumen juga mengalami kesulitan untuk mengetahui informasi produk seperti komposisi, alamat pelaku usaha, jangka waktu pemakaian, cara pemakaian karena pada produk belum tercantum informasi tersebut dalam bentuk label. Berdasarkan analisa situasi tersebut diatas, permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu pertama, Minimnya pemahaman dan keterampilan mitra mengenai pembuatan kemasan produk. Kedua, minimnya pemahaman dan keterampilan mitra mengenai pembuatan label produk. Dengan demikian, solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan mitra yaitu dilakukan sosialisasi & pelatihan pembuatan desain kemasan serta label produk. Adapun metode kegiatan diawali dengan tahap persiapan, kemudian tahap pelaksanaan dan terakhir tahap pelaporan yang telah selesai dalam jangka waktu 2 bulan. Adapun hasil dan luaran yang dicapai meliputi pertama, mitra diharapkan dapat memahami pentingnya kemasan produk untuk menarik minat beli konsumen; diharapkan dapat membedakan jenis kemasan disesuaikan dengan jenis dan ukuran produk; diharapkan dapat memahami pentingnya label produk sebagai keterangan mengenai produk yang dijual serta diharapkan dapat mencantumkan informasi yang berkaitan dengan produk secara benar. Mitra dapat membuat kemasan produk meskipun masih bersifat sederhana dengan desain yang cukup menarik. Tentunya kemasan yang dibuat, disesuaikan dengan masing-masing jenis dan ukuran produk yang akan dipasarkan. Selain itu, juga Mitra dapat membuat dan mencantumkan label produk pada kemasan yang bersifat informatif meliputi merek, nama usaha, lokasi usaha dan bahan produk.

Published
2024-07-25
How to Cite
JANNAH, Raudatul et al. PELATIHAN DESAIN KEMASAN DAN LABEL MENGGUNAKAN MEDIA CANVA SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN BAGI PELAKU UMKM DI DESA TREBUNGAN SITUBONDO. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 180-194, july 2024. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/4817>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v3i2.4817.
Section
Articles