PELATIHAN PEMASARAN MENGGUNAKAN PLATFORM E COMMERCE: BAGI PELAKU UMKM RENGGINANG BU IMAM DESA TENGGIR BARAT, KECAMATAN PANJI, KABUPATEN SITUBONDO

  • Yudha Praja Universitas Abdurcahman Saleh Situbondo
  • Muhammad Iqbal Anshory Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Mohammad Imam Ali Ghufron Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Maulana Febri Arisusanto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Desa Tenggir Barat Kabupaten Situbondo merupakan salah satu desa yang masyarakatnya mempunyai potensi usaha dilevel UMKM yang dapat dikembangkan, hanya saja perlu diberikan pemahaman literasi digital supaya lebih kreatif dalam mengembangkan pemasaran dan meningkatkan penjualan. Dengan berkembangnya dunia digital sangat penting bagi pelaku UMKM untuk adaptif terhadap perkembangan teknologi digital, dalam hal ini adalah media sosial sebagai upaya untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan pemasaran. Pengabdian ini dilakukan dengan observasi langsung, diskusi dan pemecahan kasus-kasus yang dialami oleh Pemilik usaha, serta memberikan arahan strategi yang tepat dalam menggunakan media sosial, penjualan di platform, memilih market place, dan konsep e-Commerce, dengan adanya pengabdian ini diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas pemasaran dan meningkatkan penjualan usaha tersebut.

Published
2024-08-04
How to Cite
PRAJA, Yudha et al. PELATIHAN PEMASARAN MENGGUNAKAN PLATFORM E COMMERCE: BAGI PELAKU UMKM RENGGINANG BU IMAM DESA TENGGIR BARAT, KECAMATAN PANJI, KABUPATEN SITUBONDO. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 312-318, aug. 2024. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/4676>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v3i2.4676.
Section
Articles