PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN IBU-IBU RUMAH TANGGA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN BERBAGAI OLAHAN KELAPA UNTUK MENINGKATKAN NILAI EKONOMI KOMODITAS LOKAL DI DUSUN TAMBAK UKIR, SITUBONDO

  • Dassucik Dassucik Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Situbondo
  • Ahmad Hafas Rasyidi Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Situbondo
  • Sri Ayundha Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Situbondo
  • Sumardiyanto Sumardiyanto Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Dusun Tambak Ukir merupakan salah satu dusun yang ada di Desa Tambak Ukir yang berada di bawah kaki gunung dengan dikelilingi hutan yang menghasilkan komoditas kelapa  yang  melimpah, masih sedikit memiliki UMKM dan banyak ibu-ibu rumah tangga yang memiliki waktu yang tidak produktif sehingga hal ini di jadikan salah satu potensi yang baik untuk di kembangkan wirausaha UMKM. Pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga untuk meningkatkan ekonomi keluarga dengan memanfaatkan hasil komoditas kelapa yang ada di sekitar dusun Tambak Ukir. Tujuan dari dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat adalah dapat memberikan ide-ide baru tentang kewirausahaan bagi ibu-ibu rumah tangga dan memotivasi ibu-ibu agar mau berwirausaha. Target yang ingin di capai adalah masyarakat menjadi kreatif, inovatif dan bisa membuat produk aneka olahan berbahan dasar kelapa untuk di jadikan salah satu ide peluang berwirausaha sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan mampu menganalisis kelayakan berwirausaha dalam membuat olahan kelapa dalam pembuatan kue. Metode pelaksanaan kegiatan kepada masyarakat adalah memberikan pelatihan dan diskusi mengenai proses pembuatan kue wingko dan kue lumpur berbahan dasar kelapa dan labu kuning yang banyak di hasilkan para petani di sekitar dusun Tambak Ukir yang mayoritas masyarakatnya berkebun.

Published
2024-01-19
How to Cite
DASSUCIK, Dassucik et al. PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN IBU-IBU RUMAH TANGGA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN BERBAGAI OLAHAN KELAPA UNTUK MENINGKATKAN NILAI EKONOMI KOMODITAS LOKAL DI DUSUN TAMBAK UKIR, SITUBONDO. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 112-121, jan. 2024. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/4029>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v3i1.4029.
Section
Articles