MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR

  • Nani Farah Fasica Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Amalia Risqi Puspitaningtyas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Siti Rahmania Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, selain itu media pembelajaran dapat juga dijadikan sebagai sumber belajar yang dapat menarik minat dan semangat siswa dalam belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media gambar, dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam materi bercerita, peran media gambar sangatlah berpengaruh, hal tersebut terlihat dari data pengabdian yang dilakukan di Madrasah Islamiyah Asembagus. Siswa sangat antusias dalam belajar dan termotivasi dalam melakukan kegiatan bercerita di depan kelas. Hasil yang telah dicapai dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini yaitu 1) penggunaan metode membaca dapat dijadikan dasar untuk keterampilan anak dalam bercerita, 2) penggunaan media gambar berseri sangat mendukung kegiatan anak untuk bercerita, 3) kemampuan berbahasa siswa dapat berkembang dengan baik, selain itu siswa dapat menceritakan tokoh-tokoh yang ada di dalam media gambar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-15
How to Cite
FASICA, Nani Farah; PUSPITANINGTYAS, Amalia Risqi; RAHMANIA, Siti. MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 31-38, jan. 2024. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/4007>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v3i1.4007.
Section
Articles