PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASYARAKAT AL-ISLAMIYAH KECAMATAN ASEMBAGUS

ACCOMPANIMENT LITERACY ACTIVITIES IN LEARNING CENTER SOCIETY OF AL-ISLAMIYAH AT ASEMBAGUS SUB-DISTRICT

  • Nani Farah Fasica Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Rendahnya minat baca anak-anak di lingkungan PKBM AL-Islamiyah Asembagus tepatnya di desa Kertosari disebabkan karena anak-anak lebih cenderung suka bermain HP smartphone. Kecanggihan teknologi menjadi salah satu faktor rendahnya literasi siswa serta kurangnya motivasi pada anak yang membuat kemampuan anak dalam membaca menjadi rendah. Adanya pengabdian pada masyarakat di PKBM AL-Islamiyah diharapkan dapat memberikan motivasi dan pemahaman kepada anak-anak tentang pentingnya membaca dan dapat meningkatkan kemampuan literasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan literasi ini adalah pendampingan secara langsung dengan pendekatan pendidikan. Dari kegiatan pendampingan literasi tersebut diharapkan dapat membuat anak menjadi termotivasi untuk meningkatkan kemampuan literasi, selain itu anak-anak juga menjadi lebih antusias belajar dan mengurangi untuk bermain ponsel.

Published
2023-08-17
How to Cite
FASICA, Nani Farah. PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASYARAKAT AL-ISLAMIYAH KECAMATAN ASEMBAGUS. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 576-583, aug. 2023. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/3297>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v2i2.3297.
Section
Articles