PENERAPAN TEKNOLOGI SILASE UNTUK MENGATASI KETERBATASAN HIJAUAN PAKAN TERNAK PADA MUSIM KEMARAU DI DESA ARJASA KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO

  • Yasmini Suryaningsih Fakultas Pertanian Sains dan Teknologi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Populasi ternak ruminansia dan non ruminansia di Kecamatan Arjasa menduduki peringkat ketiga, tapi disisi lain kondisi daerah di kecamatan Arjasa khususnya Desa Arjasa yang sebagian daerahnya adalah daerah kering, tidak memungkinkan terpenuhinya hijauan pakan yang berkualitas baik khususnya di musim kemarau. Solusi yang ditawarkan mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan teknologi silase. Oleh sebab itu maka kegiatan penyuluhan dan pelatihan pembuatan silase dilakukan di Desa Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan peternak tentang teknologi pengolahan pakan hijauan, juga meningkatkan pendapatan peternak dengan memperbaki manajemen pakan bagi ternaknya. Luaran dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang teknologi silase hijauan pakan ternak dan diharapkan adanya keberlanjutan program untuk memaksimalkan performa ternak.

Published
2022-08-11
How to Cite
SURYANINGSIH, Yasmini. PENERAPAN TEKNOLOGI SILASE UNTUK MENGATASI KETERBATASAN HIJAUAN PAKAN TERNAK PADA MUSIM KEMARAU DI DESA ARJASA KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 279-289, aug. 2022. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/2084>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v1i2.2084.
Section
Articles