ANALISIS SWOT KUALITATIF DALAM RANGKA PERENCANAAN STRATEGIS UMKM SEBLAK PREANGER

  • Aulya Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nursaid Nursaid Universitas Muhammadiyah Jember
  • Adinda Eka Kimiel Aprilia Universitas Muhammadiyah Jember
  • Siti Anisa Rahmatil Mawalia Universitas Muhammadiyah Jember
  • Iyan Dea Faraswati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nurul Qomariah Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

UMKM merupakan salah satu bentuk usaha yang mudah bagi setiap orang untuk melakukan bisnis apapun dalam level mikro. UMKM juga pernah menjadi garda terdepa saat Indonesia mengalami krisis moneter. Dengan UMKM setiap orang dapat melakukan bisnis walauppun dalam skala kecil dan mikro. UMKM Seblak Preanger, sebuah usaha kuliner khas Jawa Barat yang mencoba usaha di Kabupaten Jember. UMKM ini telah menunjukkan potensi besar melalui inovasi produk, seperti seblak dengan variasi tingkat kepedasan dan bahan tambahan premium. Strategi pemasaran digital yang efektif telah digunakan dengan menggunakan platform media social. Selain itu UMKM Seblak Preanger ini juga konsistensi dalam menjaga kualitas produk, sehingga telah mendorong pertumbuhan usaha ini sejak berdiri pada tahun 2018 hingga memiliki 25 cabang. Namun, Seblak Preanger menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan modal untuk ekspansi, ketergantungan pada strategi pemasaran digital, serta persaingan pasar yang ketat. Penelitian ini memanfaatkan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa kekuatan utama Seblak Preanger adalah cita rasa otentik, inovasi produk, dan pemanfaatan media sosial. Peluang besar mencakup permintaan pasar yang meningkat, dukungan pemerintah melalui program pembiayaan, dan tren ekonomi kreatif. Tantangan berupa fluktuasi preferensi konsumen, munculnya pesaing baru, serta keterbatasan modal dapat diatasi dengan diversifikasi pemasaran dan penguatan strategi branding.

Published
2025-01-29
How to Cite
NURHIDAYATI, Aulya et al. ANALISIS SWOT KUALITATIF DALAM RANGKA PERENCANAAN STRATEGIS UMKM SEBLAK PREANGER. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 216 - 226, jan. 2025. ISSN 2964-898X. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/view/6068>. Date accessed: 07 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/jme.v4i2.6068.
Section
Articles