PENGARUH FANATISME, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EIGER DI LIPPO PLAZA MALL JEMBER

  • Nafisah Halimi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Achmad Hasan Hafidzi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nursaidah Nursaidah Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fanatsime, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Eiger di LIppo Plaza Mall Jember. aktivitas outdoor atau berpetualang di alam bebas sudah menjadi trend hobi dikalangan pemuda, seperti kegiatan mountaineering, climbing, caving, dan rafting. faktor yang pertama yang dilakukan oleh konsumen yaitu bagi para pecinta alam yang sudah tidak asing lagi dengan produk Eiger sehingga ada juga yang biasa berpetualang di alam bebas yang sudah banyak juga yang setia menggunakan produk Eiger mulai dari tas, sepatu, Baju dan produk perlengkapan outdoor Eiger lainnya. Fanatisme mampu mempengaruhi para konsumen fanatiknya untuk selalu setia menggunakan produk-produk kesukaannya yaitu produk Eiger untuk menunjukkan rasa cintanya yang begitu dalam terhadap merek maupun produk. Faktor yang kedua yaitu Citra merek adalah sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dibenak konsumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Berdasarkan hasil analisis uji t dapat dijeslaskan bahwa fanatisme dalam penelitian ini tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan citra merek , dan kualita produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Eiger di Lippo Plaza Mall Jember, dimana masing-masing variabel indepeneden yakni fanatisme memiliki nilai t lebih dari 0,05 dan variabel citra merek, dan kualitas produk memiliki nilai t kurang dari 0,05. Berdasarkan dari hasil analisis R2 dapat dijelaskan bahwa perhitungan regresi bahwa koefisien determinasi yng diproleh sebesar 0,777. Hal ini berarti 77,7%. Variabel-variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh fanatisme, citra merek dan kualitas produk, sedangkan sisanya 0,223 atau 22,3% diterangkan oleh variabel lain, seperti Harga, Promosi, Design Porduk dan lain-lain.

Published
2023-01-30
How to Cite
HALIMI, Nafisah; HAFIDZI, Achmad Hasan; NURSAIDAH, Nursaidah. PENGARUH FANATISME, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EIGER DI LIPPO PLAZA MALL JEMBER. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 183-193, jan. 2023. ISSN 2964-898X. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/view/2669>. Date accessed: 14 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/jme.v2i2.2669.
Section
Articles